Share

Mahasiswa Jadi Pemandu SEA Games Sumsel

Arpan Rachman, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2010 20:19 WIB
https: img.okezone.com content 2010 06 29 43 347907
A A A

PALEMBANG - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatra Selatan (Sumsel) akan merekrut 50 orang mahasiswa untuk dijadikan pemandu kontingen peserta SEA Games (SEAG) XXVI di Palembang, 11 November 2011. Seleksi ketat akan dilakukan kepada mahasiswa yang berminat menjadi pemandu Sea Games.

"Kami memilih mahasiswa sebagai pemandu karena mahasiswa dirasa cocok menjalankan perkerjaan ini. Mahasiswa adalah sosok anak muda yang memiliki fisik baik sehingga tidak diragukan kemampuannya untuk menemani para kontingen hingga larut malam," kata wakil ketua II KONI Sumsel  Dhenie Zainal SE , Selasa (29/06/2010) di Palembang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hal ini akan berbeda jika panitia mempekerjakan seorang pekerja pemerintah untuk menjadi pemandu. "Biasanya orang yang sudah bekerja akan malas-malasan jika harus turun ke lapangan menemani atlet atau ofisial tamu,” katanya.

“Para atlet mungkin akan akan berbelanja souvenir atau berkeliling Kota Palembang. Saya rasa jika mahasiswa yang disuruh melakukan tugas ini, mereka justru antusias dan bersemangat," tambah Dhenie.

Nantinya, Mahasiswa yang terpilih harus melewati beberapa proses seleksi dan memenuhi kriteria yang ditetapkan panitia, seperti memiliki pengetahuan umum mengenai kebudayaan dan pariwisata di Kota Palembang serta memiliki kemampuan berbahasa Inggris.

"Ke-50 mahasiswa yang nantinya terpilih akan mendapat pelatihan khusus, salah satunya mengenai tata krama terhadap tim tamu dan menjaga nama baik bangsa," ujar dia.

Dhenie mencontohkan seperti pemandu kontingen pada SEA Games Laos tahun 2009 lalu yang layak dijadikan contoh karena demikian menghormati tim tamu dan tidak bertindak memalukan seperti meminta-minta uang dengan kontingen yang dipandu.

"Saya menilai SEA Games Laos adalah SEA Games yang sukses dalam hal pengamanan dan segi tata krama. Padahal para pemandu itu tidak mendapat bayaran karena mereka adalah negara komunis, tapi mereka mampu bekerja maksimal seakan-akan dibayar," ucap dia.

"SEA Games adalah tanggung jawab kita semua meskipun yang bertindak sebagai panitia adalah KONI sesuai dengan keputusan badan dunia IOC. Kami berharap peran segala lapisan masyarakat dan termasuk kalangan mahasiswa," tutup dia.

(acf)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini