Share

Kejuaraan Boling Bergengsi Digelar

Fetra Hariandja, Jurnalis · Sabtu 10 Juli 2010 21:41 WIB
https: img.okezone.com content 2010 07 10 43 351617
A A A

JAKARTA - Setelah sukses menggelar kejuaraan boling berkelas internasional tahun lalu, kali ini PT Jaya Bowling Indonesia kembali akan menggelar sebuah kejuaraan boling berkelas internasional dengan nama 8th Indonesia International Open Tenpin Bowling Championship.

Kejuaraan ini merupakan salah satu dari rangkaian Asian Bowling Federation (ABF) Tour yang juga diakui oleh World Tenpin Bowling Association (WTBA) dan diselenggarakan setiap tahun. 8th Indonesia International Open Tenpin Bowling Championship kali ini akan berlangsung pada tanggal 9 -17 Juli 2010 di Jaya Ancol Bowling Center.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kejuaraan kali ini akan diikuti oleh lebih dari 300 peserta dari 15 negara berbeda yaitu: Indonesia, India, Brunei Darussalam, Korea Selatan, Mesir, Australia, Filipina, Hong Kong, Thailand, Malaysia, Singapura, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab dan Jepang. Jumlah peserta yang akan mengikuti kejuaraan kali ini melebihi jumlah peserta pada tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun lalu jumlah peserta yang mengikuti kejuaraan ini mencapai 100 peserta dari 11 negara berbeda, sedangkan pada tahun ini jumlah peserta yang mengikuti mengalami peningkatan hampir tiga kali lipat. Menurut rencana kejuaraan ini akan dibuka secara resmi pada tanggal  12 Juli 2010 oleh ketua KONI Rita Subowo.

Ketua pelaksana 8th Indonesia International Open Tenpin Bowling Championship Mahendra Wardhana mengatakan, kejuaraan ini merupakan berskala internasional yang diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi peboling nasional yang akan berhadapan dengan peboling-peboling dari negara lain. Juga memancing animo masyarakat untuk lebih menggemari olahraga ini.

Olahraga boling saat ini sudah berkembang di masyarakat, hal ini  terlihat dari semakin bertambahnya sarana dan fasilitas boling di beberapa tempat. “Banyaknya jumlah peserta yang mengikuti kejuaraan ini menandakan bahwa peboling dari negara lain memperhitungkan kejuaraan ini sebagai kejuaraan yang bergengsi dan berkelas internasional” tambahnya.

Sementara itu, di kejuaraan kali ini Indonesia akan diwakili oleh peboling nasional Ryan Leonard Lalisang, Tannya Roumimper dan Putty Armein yang akan turun di kelas Open.

“Dengan ikuti bertanding di kejuaran level internasional seperti ini saya berharap dapat bersaing dengan peboling-peboling dari negara lain dan sudah pasti akan memberikan pengalaman berkompetisi bagi saya dan peboling nasional lainnya” ujar Ryan peboling andalan Indonesia di kelas Men Open.

Kejuaraan ini juga akan digunakan sebagai seleksi tahap akhir bagi para peboling nasional untuk penetapan anggota tim nasional yang akan dipersiapkan ke ajang 16th Asian Games di Guang Zhou, China pada bulan November mendatang.

Kejuaraan 8th International Open Tenpin Bowling Championship kali ini akan memperebutkan hadiah sebesar Rp150 juta untuk kategori Men Open dan Rp50 juta untuk kategori Women Open.

Sedangkan untuk level graded, pemenang pertama akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 50 juta untuk kategori Men Graded dan Rp12 juta untuk kategori Women Graded.

Kategori lain yang juga akan dipertandingkan adalah: Men Graded B, Women Graded B, 21 years old, 18 years old, dan events single, doubles dan all events untuk kategori Men Open, Women Open, Men Graded, Women Graded, Men Graded B, dan Women Graded B.

Tahan Peringkat

Sementara itu, Tannya Roumimper hendak mempertahankan gelar Ranking 1 Dunia Zona Asia di kejuaraan Indonesia Open ke 8, 9-17 Juli 2010 Kejuaraan tingkat Dunia, 8th Indonesia International Open Tenpin Bowling Championship (IIOTBC) atau yang lebih dikenal dengan “Indonesia Open”, di lintasan boling Jaya Ancol, saat ini telah memasuki babak kwalifikasi, peboler kita yang telah menduduki ranking terbaik dunia akan berlaga dengan peboler dunia lainnya.

Tannya Roumimper peboling asal Bandung, saat ini menduduki Ranking 1 Dunia Zona Asia dengan 171 point, sedang pebowling wanita kita yang lain Sharon Limansantosa peraih medali emas SEAGAMES 2007, berada di Ranking 5 dengan 106 point, dan Putty Armien peraih medali Perak di Asian Games 2006 berada di Ranking  7 dengan 95 point.

Asosiasi Boling Dunia (WTBA) membagi Ranking Dunia menjadi Zona Asia, Amerika dan Eropa. Pebowling Pria, Ryan Lalisang yang menduduki Ranking 5 Dunia Zona Asia akan berusaha merebut point untuk menjadi Ranking 1, yang saat ini dipegang oleh Hussain Al-Suwaidi dari UAE dengan point 332.

Ryan memiliki point 220, apabila memenangkan kejuaran Master di Indonesia Open kali ini dan ABF Tour yang diselenggarakan di Lintasan Boling Jaya Ancol, akan mendapatkan tambahan point 70 dan 80. Ryan yang meraih medali emas Asian Games 2006 di Doha, memiliki kepercayaan diri penuh untuk meraih peringkat dunia tersebut.

Kejuaraan Indonesia Open telah diakui sebagai penentuan point bagi peboler dunia, yang mendapat penghargaan sebagai penyelenggara terbaik di Asia, 5 tahun berturut-turut, sejak Indonesia Open pertama tahun 2002 di lintasan boling Jaya Ancol. Kejuaraan semacam inilah yang melahirkan peboler-peboler kita tingkat dunia yang ikut menyumbangkan keharuman nama bangsa.

Babak Kwalifikasi 8th Indonesia International Open Tenpin Bowling Championship telah dimulai, dan peboling kita tesebut diatas semuanya telah lolos kwalifikasi tingkat lokal, peboling dari luar saat ini sedang bertanding dengan pemain-pemain kita lainnya untuk bisa lolos kwalifikasi yang finalnya akan dilakukan tanggal 15 s/d 17 Juli 2010.

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini