Share

Indonesia Harus Berhasil di SEA Games

Insaf Albert Tarigan, Jurnalis · Selasa 20 Juli 2010 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2010 07 20 43 354613 StRrk3mogs.JPG Foto: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono/okezone.com
A A A

JAKARTA – Indonesia harus berhasil dalam melaksanakan SEA Games tahun 2011 mendatang. Ukuran keberhasilan itu tidak semata-mata sukses penyelenggaraan tetapi juga sukses prestasi.

 

Demikian dikatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa (20/7/2010), dalam rapat kabinet terbatas mengenai persiapan penyelenggaraan SEA Games di kantor Presiden, Jakarta.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Rapat tersebut dihadiri Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Ketua KONI Rita Subowo, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Menteri Perhubungan Freddy Numberi dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik.

 

Presiden menjelaskan, penyelenggaraan pesta olahraga negara-negara di Asia Tenggara itu adalah tugas bangsa. Bukan hanya tugas provinsi tuan rumah yaitu, Sumatera Selatan, Kemenpora atau KONI. Keberhasilan pelaksanaannya akan mendongkrak citra positif Indonesia dalam pergaulan internasional tak hanya dalam olahraga tapi juga politik, ekonomi dan budaya.

 

Di sisi lain, ia juga dapat menggerakkan ekonomi dan pariwisata lokal. "Oleh karena itu, untuk mencapai keberhasilan itu tiada lain adalah persiapan yang baik, latihan efektif dan semua bekerjasama untuk menyukseskan SEA Games tersebut," kata Presiden Yudhoyono.

 

Presiden juga mengajak pejabat terkait belajar dari keberhasilan negara lain dalam menyelenggarakan acara olahraga internasional. Seperti Afrika Selatan yang dinilai sukses sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010 dam Olimpiade Beijing.

 

Selain itu, Presiden meminta rakyat dilibatkan dan diajak dialog. Sebab, jamak terjadi, jika ada kegiatan internasional pengaturan keamanan menjadi lebih ketat dari biasanya.

"Kalau mereka diajak baik-baik, dilibatkan baik-baik kemudian didengar saran dan masukannya akan dapat diselenggarakan dengan baik," ujarnya.

 

Dalam SEA Games mendatang akan dipertandingkan sejumlah lomba dari 38 cabang olahraga termasuk sepakbola. Jelang final Piala Dunia lalu, Presiden mengatakan, tim nasional Indonesia harus juara dalam turnamen tersebut. Hal itu akan dicapai di antaranya dengan merekrut pelatih kelas dunia.

(hmr)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini