Share

Titik Terang Indonesia Juara Umum

Edi Yulianto, Jurnalis · Jum'at 24 September 2010 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2010 09 24 43 375727
A A A

BALI (SINDO) – Kontingen Karate Indonesia mulai merintis harapan Merah Putih meraih gelar juara umum di 2nd Indonesia Open Karate Championship 2010. Buktinya, karateka Indonesia memimpin klasemen medali sementara dengan perolehan 3 emas, 4 perak, dan 10 perunggu seusai menjalani kejuaraan di GOR Lila Buana, Bali, Kamis (24/9/2010).
 

Indonesia pertama kali mendapatkan medali emas melalui kelas kata perseorangan putra melalui Faizal Zainuddin. Dia meraihnya selepas mengalahkan rekan senegaranya Fidelys Lolobua dengan penilaian cukup telak 4-1.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara Umar Syarief menggandakan perolehan medali di kelas kumite perseorangan putra +84 kg. Di final, Umar mengalahkan karateka Malaysia Devaraj Venkatesan 10-2.

 

Disusul kemenangan Yolanda Asmuruf di kelas kumite perseorangan putri -68 kg. Dia berpeluang diberangkatkan ke Asian Games (AG) 2010 setelah menggondol emas melalui karateka Malaysia Syakilla Salni 4-2.

 

Keberhasilan mereka membuat Ketua Umum PB Forki Hendardji Supandji senang, apalagi tiga dari delapan karateka proyeksi AG itu menggapai emas di kejuaraan tersebut. “Saya senang dengan perolehan mereka, tapi mereka masih perlu meningkatkan kualitas sebelum tampil di AG,” pungkasnya, Jumat (24/9/2010).

 

Sementara Manajer Karate AG Indonesia Djafar Jantang membenarkan jika kualitas mereka perlu ditingkatkan, terlebih Yolanda yang belum maksimal menunjukkan kualitas terbaiknya meski menyumbangkan emas.

 

Karena itu, pihaknya berharap dia akan terus menunjukkan progress membanggakan jika ingin tampil di Guangzhou, November mendatang. “Yolanda menang tipis atas karateka Malaysia. Jadi, dia harus membuktikan kualitasnya lebih matang lagi,” kata Djafar.

 

Kualitas karateka Indonesia memang perlu ditingkatkan seusai menjalani kejuaraan yang disupport penuh oleh Bank BRI tersebut. Bahkan, karateka Indonesia yang masih berpeluang menyabet medali harus memaksimalkan penampilan mereka. Sebab, selain menjadi batu loncatan sebelum mengikuti AG, kejuaraan itu juga menjadi arti penting untuk persiapan tim karateka Indonesia menjalani SEA Games (SEAG) 2011.

 

Keinginan itu membuat karateka yang bakal bertanding, Sabtu (25/9/2010), kelas kata beregu putra harus dapat memaksimalkan peluang tersebut. Indonesia berpeluang merebut medali emas dari kelas itu setelah terjadi All Indonesia Final.

 

Di kelas kata beregu putri, Indonesia juga wajib menang ketika akan menghadapi Vietnam di final. Vietnam berhak menantang Indonesia setelah mengalahkan Indonesia B 4-1. Sementara Indonesia A otomatis melaju ke final karena di kelas ini hanya diikuti dua negara. (edi yuli)

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini