Share

Sea Games 2011, Judo Target 5 Emas

Amir Sarifudin , Jurnalis · Senin 11 Oktober 2010 00:15 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 11 43 381037 hmZs6t1Lph.JPG Atlet judo diharapkan sabet lima emas di Sea Games 2011. Foto: Amir Sarifudin/Okezone.com
A A A

BALIKPAPAN – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) George Toisutta menargetkan para pejudo Indonesia dapat merebut lima emas di ajang SEA Games 2011.

 

“Memang berat dan sebagian pengamat judo bilang mustahil, tapi kita harus optimis,” katanya usai melantik Pengurus Provinsi PJSI Kaltim di Balaikota Balikpapan, Minggu (10/10/2010) siang WIB.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Menurut Toisutta yang juga Kepala Staf TNI AD tersebut, seperti halnya di militer, ia ingin setiap atlet punya militansi yakni kekuatan dari dalam diri atlet untuk meraih prestasi.

 

Dengan militansi atau semangat juang yang tinggi itu atlet akan bertanding dengan penuh percaya diri sehingga tidak mustahil target lima bias dicapai. Tentunya tambah George, harus didukung oleh semua pihak dan tidak menyalahkan sang atlet, pelatih atau Pembina jika belum bisa berprestasi.

 

“Tapi beri mereka dorongan untuk bisa tampil lebih baik dan hargai mereka apapun hasilnya,” kata Toisutta.

 

Toisutta merasa kecewa dengan prestasi olahraga di Tanah Air yang makin merosot bahkan jika dibandingkan dengan Negara-negara yang baru consen pada olaraga seperti Vietnam, Laos dengan jumlah penduduk dan tingkat kesehjaraan yang minim tapi mereka bisa menegakkan kepala mereka dengan bangga karena prestasinya.

 

“Contohnya Vietnam, kemampuan teknik mereka lebih kurang saja dengan para atlet kita, tapi militansinya luar biasa. Itu yang membuat mereka berprestasi lebih baik dari kita,” papar Toisutta, judokai DAN 7 tersebut.

 

Tentang lawan-lawan berat di SEA Games nanti, Toisutta mengaku belum tahu. Namun ia juga yakin lawan belum tahu kekuatan judo Indonesia karena semua atlet yang akan turun di ajang tersebut adalah atlet-atlet muda dan belum berpengalaman internasional.

 

“Sebab itu Oktober nanti kita akan ujicoba ke Korea. Kalau gak uji coba kita belum bisa mengetahui kemampuan diri kita,” ungkapnya.

(hmr)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini