Share

Benarkah Mesin Four Cylinders Hemat Biaya?

Muchamad Syuhada, Jurnalis · Minggu 02 Januari 2011 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2011 01 02 37 409593 A0ycJb4ZHf.jpg Norbert Haug/ Foto: Reuters
A A A

STUTTGART – Polemik baru soal rencana penggunaan mesin four cylinders di ajang Formula One (F1) terus jadi perdebatan sengit. Sebagian pihak yang mendukung, sementara lainnya menolak keras.

Ide pengalihan teknologi itu sendiri dilontarkan oleh FIA beberapa waktu lalu. Otoritas tertinggi di dunia motorsport tersebut memerintahkan agar tim-tim F1 mengganti mesinnya mulai 2013 atas pertimbangan ramah lingkungan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ferrari dan Mercedes GP dengan tegas menolak keputusan tersebut. Banyak aspek jadi pertimbangan mereka, termasuk biaya.

Petinggi Mercedes GP, Norbert Haug mengklaim bahwa mesin yang dipakai saat ini, V8 jauh lebih murah ketimbang four cylinders.

“Sebaiknya kita mempertahankan penggunaan V8. Itu adalah mesin dengan budget rendah,” seru Haug seperti dikutip Auto Motor und Sport, Minggu (2/1/2011).

Hal berbeda ternyata disuarakan oleh bos Cosworth, Mark Gallagher. Dia justru melihat mesin four cylinders jauh lebih menghemat biaya karena hanya akan menghabiskan 30 juta euro untuk mendesain. Itu cukup kontras dengan V8 yang rata-rata memakan biaya 40 juta euro dalam perakitan.

(msy)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini