Share

KONI Sumsel Promosi Sea Games ke Bali

Rohmat, Jurnalis · Jum'at 25 Februari 2011 01:25 WIB
https: img.okezone.com content 2011 02 25 43 428634 6thIc58r5b.jpg Foto: kemenpora.go.id (Ist)
A A A

DENPASAR - KONI Provinsi Sumatra Selatan terus mempromosikan kesiapan sebagai tuan rumah Sea Games ke-26 pada 11 November mendatang dengan mengunjungi sejumlah kota besar di Indonesia. Harapannya, banyak wisatawan asing datang melihat event besar tersebut.

Salah satu provinsi yang dikunjungi adalah Bali, yang diketahui sebagai daerah tujuan pariwisata internasional. "Kami sengaja promosi ke Bali,karena ingin menunjukkan kepada para wisatawan asing bahwa di Sumatra Selatan akan ada event olah raga internasional," kata Wakil Ketua KONI Sumsel Ahmad Rizal saat jumpa pers dalam acara Road to Sea Games di Kuta, Kamis (24/02/2011).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain menyatakan kesiapan sebagai tuan rumah, pihaknya berharap event olah raga tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu paket tujuan wisata olah raga. Untuk itu, pihaknya telah mendatangi ke sejumlah pemangku kepentingan parwisata di Bali seperti Bali Tourism Board (BTB), Kadin Bali, dengan harapan bisa membantu menyampaikan event tersebut ke para wisata asing.

Mengingat event internasional tersebut akan dihadiri tamu-tamu berbagai negara sehingga salah satu fasilitas terpenting adalah transportasi udara yakni bandara serta akomodasi hotel, telah dipersiapkan secara matang menyambut event tersebut.

Dia menjelaskan, dari kesiapan fisik venue yang akan menjadi pusat pertandingan sebanyak 22 cabang olah raga, secara umum sudah siap untuk penyelenggaraan berbagai pertandingan. Semua pertandingan akan dipusatkan di sekitar Stadion Sriwijaya, Palembang termasuk saat pembukaan Sea Games pada 11 November nanti.

Demikian pula untuk kenyamanan dan kelancaraan para atlet maupun ofisial, pihak tuan rumah juga telah menyiapkan akomodasai berupa Wisma Atlet yang berada di sekitar pusat pertandingan, sekaligus guna memudahkan akses ke venue. "Saat ini pembangunan fisiknya hampir rampung diharapkan bulan Agustus ini sudah selesai," katanya diadampingi Taufik Hidayat pengurus KONI lainnya.

Selain Wisma Atlet, akomodasi hotel bagi masyarakat yang akan menonton Sea Games juga telah siap termasuk kelas hotel bintang lima, semuanya siap menerima tamu."Kami sudah punya komitmen termasuk dengan Pertamina, membuat perencanaan jika semua hotel penuh, ada ratusan cottage yang siap menampung para tamu," katanya menambahkan.

Adapun kapasitas stadion saat pembukaan nanti, bakal mampu menampung sekira 4000 orang penonton, dan pihaknya telah memastikan  kesiapan pengamanan maupun hal teknis lainnya. Disebutkan, ada sekira 1500 ofisial akan turun ditambah atlet yang totalnya mencapai sekira 10 ribu orang.

Serangkaian kegiatan untuk memeriahkan pelaksanaan Sea Games ke-26 juga telah disiapkan seperti pameran Sriwijaya Ekspo, kegiatan pentas budaya dan kesenian. Saat ini, masyarakat Sumsel tengah eforia banyak membicarakan event olah raga internasional itu dan siap menyambut dan menyukseskan pelaksanan Sea Games di daerah mereka.

Sebelumnya kegiatan Road to Sea Games juga digelar di Yogjakarta, dilanjutkan Surabaya, Medan, Batam hingga Kuala Lumpur. Hingga kini, semua akses jalan masuk ke lokasi pertandingan telah diperbaiki termasuk pula dukungan kendaraan angkutan Trans Musi bagi atlet dan tim ofisial dari negara-negara kawasan Asia Tenggara itu.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini