Share

Indonesia-Laos Sepakati Kerja Sama Olah Raga

Rohmat, Jurnalis · Jum'at 25 Februari 2011 19:55 WIB
https: img.okezone.com content 2011 02 25 43 429036 L0CfvlPjAh.jpg F: Andi Mallarangeng (Novi M-Okezone)
A A A

NUSA DUA - Jelang perhelatan Sea Games 26, Kementerian Pemuda Olah Raga Indonesia dan Laos akhirnya menyepakati perlunya melakukan kerjasama di bidang olahraga antar kedua negara untuk meningkatkan prestasi beberapa cabang olahraga.
 

Penandatangan atau Memorandum of Understanding MoU dilakukan Menegpora Andi Alfian Mallarangeng dengan Menteri Olah Raga Laos Phouthong Seng Akhorn, di Hotel Nusa Dua Beach, Bali, Jumat (25/02/2011).

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam MoU tersebut diantaranya disebutkan kedua negara akan melakukan kerjasama bidang olahraga seperti tukar menukar pelatih, atlet maupun tukar menukar informasi lainnya.

 

Penandatanganan MoU disaksikan Dubes Laos untuk Indonesia, Prasith Sayashit serta beberapa Deputi Menteri Laos, Ketua KONI/KOI Rita Subowo, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Gubernur Riau Rusli Zaenal.

 

Andi mengatakan, dengan penandatangan tersebut, semakin membuka pintu kerjasama lebih luas lagi bagi kedua negara, tidak hanya di bidang olahraga namun juga bidang-bidang lainnya. Sejatinya, sambung Andi, kerja sama tersebut merupakan kerja ama antara rakyat Indonesia dengan rakyat Laos.

 

Diakuinya, Indonesia selayaknya bisa belajar dari Laos khususnya untuk beberapa jenis olah raga yang populer di Indo China namun belum populer di tanah air. Selain itu , Laos juga sukses menjadi tuan rumah pelaksanaan Sea Games ke XXV lalu, sehingga Indonesia perlu belajar dari negara tersebut.

 

"Kita perlu belajar beberapa cabang olah raga yang tidak populer di nagara kita seperti petang, popinam ada macam-macam lagi olah raga lainnya yang masuk dalam Sea Games," katanya.

 

Nantinya, bisa dilakukan kerja sama tukar menukar pelatih atau atlet, misalnya untuk cabang olah raga yang cukup populer seperti pencak silat, bulutangkis dan angkat besi. "Kita bisa menawarkan pelatih untuk cabang olah raga tertentu ke Laos dan sebaliknya," imbuhnya.

 

Dalam pengamatan Andi, Laos alalah negara yang memiliki sejarah prestasi olah raganya yang luar biasa dan menjadi kekuatan baru di IndoChina. Dia menambahkan, dengan adanya kesepakatan itu diharapkan bisa lebih mendorong peningkatan persahabatan, kerjasama yang baik lainnya antara komunitas di negara-negara tetangga dan negara Asean lainnya.

 

"Ini kesempatan yang baik bagi kita untuk bisa melihat kekuatan kekuatan negara Indo China," katanya. Ditambahkan pada Sea Games ke-XXVI yang akan dibuka pada 11 November 2011 yang berlangsung di Palembang dan Jakarta itu, Menteri Olah Raga dan Pendidikan Jasmani Laos Phouthong Seng Akhorn berjanji untuk melihat pertandingan Sea Games.

 

Disinggung langkah konkrit dalam waktu dekat yang akan dilakukan, kata Andi MoU akan ditindaklanjuti dengan pertemuan atau pembahasan lebih teknis lagi terkait kerja sama cabang olah raga."Untuk detilnya akan dirumuskan, kita akan duduk bersama hal-hal mana yang lebih mungkin dilakukan," ucapnya.

 

Dalam kesempatan sama, Menteri Olahraga dan Pendidikan Jasmani Laos mengatakan, sebagai negara kecil, pihaknya merasa terhormat bisa melakukan penandatanganan MoU dengan Menteri olahraga Indonensia. "Saya baru pertama kali datang ke Bali, saya berharap SEA Games ke XXVI di Indonesia bisa berjalan sukses," ucapnya.

(zwr)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini