Share

Akibat Komentar Konyol, Hamilton Terancam Sanksi

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 30 Mei 2011 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 30 37 462701 ylCG5x35hG.jpg Foto: Lewis Hamilton/Getty Images
A A A

MONTE CARLO - Permintaan maaf yang dilontarkan Lewis Hamilton kepada stewards GP Monaco tak lantas membuatnya bebas dari ancaman sanksi. FIA selaku otoritas tertinggi Formula One dikabarkan bakal menjatuhkan sanksi kepada pembalap McLaren tersebut.

Pada balapan di Monaco, Minggu (29/5/2011) kemarin, Hamilton harus menerima sanksi drive trough penalty selama 20 detik dari stewards karena telah melakukan aksi membahayakan sepanjang balapan. Usai balapan, Hamilton yang berhasil finish di peringkat enam menanggapi hukuman dari stewards dengan sedikit sinis. Dia mengatakan keputusan stewards didasarkan karena dia orang kulit hitam. Hamilton bahkan menyamakan dirinya dengan Ali G, salah satu tokoh dalam komik Inggris, yang tentunya berkulit gelap.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun, beberapa saat setelah mengeluarkan komentar nyeleneh itu, pembalap asal Inggris ini langsung menemui stewards untuk menjelaskan maksud pernyataannya itu hanyalah candaan dan meminta maaf. Kabarnya, stewards juga sudah menerima penjelasan Hamilton dan memahaminya.

“Saya telah meminta maaf kepada stewards. Pernyataan saya itu hanya candaan, yang memang tidak lucu. Saya membuat mereka mengerti, saat emosi tengah tinggi, Anda (dalam hal ini saya) tidak selalu bisa mengatakan hal yang tepat. Apakah saya harus mengatakannya atau tidak? Seperti yang saya bilang, saya hanya berusaha melucu, tapi itu tidak lucu,” jelasnya seperti dikutip Crash.net, Senin (30/5/2011).

“Sekarang, kami sudah berdamai. Mereka (stewards) sudah menerima penjelasan saya dan mengerti. Setelah semuanya selesai, kami berjabat tangan. Mereka juga akan berbicara kepada orang FIA dan memberikan klarifikasi,” sambungnya.

Namun hal ini ternyata tak lantas membuat Hamilton terbebas dari ancaman sanksi. Menurut kabar yang berhembus, juara dunia 2008 ini terancam sanksi, apabila FIA merasa ia memberikan dampak buruk buat F1.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini