Share

Barrichello: Pirelli Ubah Warna Balapan

Rejdo Prahananda, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2011 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 06 37 476699 J0yYl6tiBZ.jpg Foto: Rubens Barrichello (Getty Images)
A A A

GROVE – Kendati sempat menuai kritikan keras di awal musim lantaran karakteristik Pirelli dengan degradasi tinggi, perlahan tidak sedikit penggiat F1 termasuk Rubens Barrichello yang memberikan apresiasi atas tekstur Pirelli yang ternyata membuat jalannya balapan menjadi menarik untuk diikuti.

 

Memang, belakangan mulai banyak kalangan yang menaruh atensi besar atas kehadiran produsen ban asal Italia tersebut di lintasan F1. Ya, sejak Pirelli menjadi supplier tunggal ban F1 pada musim ini, kita seolah disajikan aksi overtaking menawan dari para pembalap.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Lebih dari itu, jalannya balapan tidak menjadi monoton lantaran posisi pembalap selalu berubah-ubah. Pergeseran gelaran F1 ini setidaknya tidak dapat dipisahkan dari peranan Pirelli dalam meracik ban serta inovasi Drag Reduction System (DRS).

 

Uraian di atas kiranya senada dengan opini yang dikembangkan Barrichello, berikut ini. “Semua overtaking yang terjadi musim ini berkaitan erat dengan ban dan juga DRS,” seru pembalap asal Brasil tersebut di Fanatic F1, Rabu (6/7/2011).

 

“Saya pikir ban memiliki beberapa masalah mengenai usai pakai yang berakhir dengan pemakaian ban lebih lama dari pembalap lainnya. Dan di situlah kesempatan menyalip. DRS datang ke dalam permainan karena ban,” sambung pembalap yang menaungi tim WilliamsF1 tersebut.

 

Pujian Barrichello mengenai kinerja ban ini merujuk pada performanya saat dirinya berhasil melewati Michael Schumacher di GP Monaco saat ban yang dimilikinya lebih baik dibanding rekan setimnya pada waktu itu. “Saya berhasil melewatinya karena dia mengalami masalah dengan ban dan saya sedikit lebih baik.”

 

Dia melanjutkan. “Saya pikir kami tidak akan pernah senang dengan semua hal terjadi. Saya pikir F1 selalu lebih baik daripada yang pernah ada. Tentu saja selalu akan ada yang mengatakan ‘Terlalu banyak aksi saling menyalip sekarang dan tampaknya itu suatu kesalahan’ Tapi orang sama enam bulan lalu mengatakan ‘F1 membosankan karena tidak ada lagi aksi overtaking."

 

“Terlalu banyak tipu muslihat di sana dan terlalu banyak tombol untuk ditekan tapi saya pikir itu membuat balapan menjadi lebih menarik dan lebih baik. Hal ini membuat balapan lebih dari sekadar pertunjukan,” tandas Barrichello.

(edo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini