Share

Trulli Lebih Optimis Tatap Hungaria

Rejdo Prahananda, Jurnalis · Kamis 28 Juli 2011 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 28 37 485362 X1bH01h8np.jpg Foto: Jarno Trulli (kanan) dan Heikki Kovaleinen (Getty Images)
A A A

BUDPAEST – Tidak ada waktu bersantai bagi pembalap Team Lotus, Jarno Trulli. Menatap GP Hungaria yang berlangsung akhir pekan nanti, pembalap veteran asal Italia tersebut mencoba berpikir positif untuk mencatatkan hasil bagus balapan nanti.

Trulli boleh menatap hasil bagus dalam balapan nanti setelah di seri Jerman akhir pekan lalu, posisinya digantikan oleh pembalap cadangan Lotus, Karun Chandhok. Untuk diketahui, Trulli akan dibekali paket power sterring anyar saat balapan di sirkuti Hungaroring nanti.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Saya jelas senang bisa kembali ke dalam mobil dan melihat ke depan untuk bisa balapan di Hungaria,” kata Trulli di Planet F1, Kamis (28/7/2011). Mantan pembalap Toyota itu pun membahas sirkuit Hungaroring yang akan menjadi seri ke-10 F1 musim ini.

“GP Hungaria adalah salah satu sirkuit yang khas di F1 modern. Banyak start dan stop, serta memiliki banyak tikungan dengan kecepatan rendah yang tidak benar-benar cepat. Ini sangat bergelombang dengan temperatur yang sangat panas. Jadi ini tantangan besar bagi mobil dan pembalap, tapi saya menikmati balapan di sana karena menuntut fisik prima pembalap guna mendapatkan lap tercepat yang membutuhkan konsentrasi,” urai Trulli.

Masih dalam kesempatan yang sama, Trulli pun coba memetakan persaingan yang terjadi di sirkuit Hungaroring nanti yang menurutnya bakal lebih kompetitif dan sulit ditebak. “Tahun ini lebih sulit dibanding musim lainnya untuk memprediksi bagaimana kompetitifnya kami ketika berada di salah satu sirkuit di mana kami balapan, terutama karena ada faktor-faktor baru yang begitu banyak untuk mempertimbangkan semua perbandingan kami dengan musim-musim sebelumnya yang sebagian besar berlebihan,” sambungnya.

“Namun saya berpikir, kami bisa berharap semuanya baik-baik saja karena kami tampil kompetitif di Monaco, sebuah sirkuit yang mirip dengan Hongaria, dengan kecepatan yang relatif rendah dengan kebutuhan traksi yang baik untuk tampil cepat di tikungan lambat di mana kinerja aero tidak menimbulkan ketergantungan lebih banyak,” urai Trulli mengutarakan segudang harapannya.

Mengenai paket pengembangan power steering baru pada mobilnya, bos Team Lotus, Toni Fernandes mengatakan bahwa perubahan itu hanya sebagain kecil dari langkah Team Lotus untuk bergerak maju. “Trulli akan kembali untuk balapan dan ini akan menjadi kesempatan pertama untuk mencoba sistem kemudi dengan kekuatan baru di mana kami telah mengembangkannya dan mengujinya selama beberapa bukan terakhir,” bilang Fernandes.

“Kami tidak mengharapkan keajaiban itu. Itu jelas bagian kecil untuk Trulli. Cukup penting karena tujuannya adalah untuk memberikan nuansa yang dia butuhkan dari mobil untuk mengambil setiap ons kinerja yang dia bisa lakukan untuk melihat dia kembali. Saya yakin dia akan mendorong lebih keras daripada sebelumnya bersama Heikki Kovaleinen pada jalur yang memberikan penghargaan terhadap pembalap terbaik di luar sana,” tuntasnya.

(edo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini