Share

Simon Hengkang, Desainer Mesin Minta Jaminan FIA

Rejdo Prahananda, Jurnalis · Sabtu 30 Juli 2011 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 30 37 486166 x4ll161s20.jpg Foto: Gilles Simon (Autosport)
A A A

PARIS - Desainer mesin F1 meminta jaminan FIA, hengkangnya Gilles Simon ke PURE (Propulsion Universelle et Recuperation d’Energie) dari FIA tidak membocorkan data rahasia ke PURE, produsen mesin independen pimpinan Graig Pollock itu yang akan menjadi pemasok mesin bagi tim-tim F1 untuk  musim 2013 mendatang.

Banyak kalangan mensinyalir, mundurnya Simon dari FIA membuatnya bisa mengimplementasikan pengetahuannya untuk membangun PURE berdasarkan data yang dimilikinya selama bekerja bersama Jean Todt, Presiden FIA sebagai investigator mesin energi baru berbasis teknologi bersahabat dengan lingkungan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Terlebih, Simon sendiri pernah bekerja sebagai Assisten Departemen mesin dan elektronik Ferrari. Berangkat dari pengalamannya yang segudang, bisa dimaklumi bila para insinyur mesin F1, tidak terkecuali, Rob White, Kepala Direktur mesin Renault sekaligus wakil komisi desainer mesin F1 cemas akan kepergian Simon dari FIA.

“Reaksi pertama yang cukup dapat diprediski dan bisa dipahami menurut pandangan saya,” kata White di Autsport, Sabtu (30/7/2011). “Pada tingkatan pribadi dan professional, kami memiliki hubungan yang baik dengan Simon dalam kurun waktu yang lama sampai sekarang,” sambung White yang masih menjalin komunikasi intens dengan Simon.

Terkait kemungkinan Simon mengakses data mesin yang hanya diketahui boleh kalangan internal di FIA, White menjelaskan. “Tentu saja, itu menjadi perhatian bagi kami semua, hubungan erat Simon dengan FIA di masa lalu, membuat kami belum pernah mendapat akses dengan Simon sebelumnya. Kami di Renault dan saya percaya, semua produsen mesin telah melakukannya, terutama dalam hal program pengembangan mesin kami masing-masing untuk menyusaikan dengan paket regulasi."

Secara terbuka, White pun meminta FIA untuk memberikan garansi, bahwa FIA tidak memberikan akses kepada Gilles serta mematenkan setiap terobosan dan inovasi yang ditemukan para desainer dapur pacu. “Dan tentu saja, kami memerlukan keyakinan bahwa informasi yang didapat Gilles tidak memiliki akses ke dalam situasi yang sangat istimewa sebagai representasi FIA dan tidak digunakan dalam kapasitas barunya sebagai karyawan dari pesaing kami,” tegasnnya.

(edo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini