Share

Suzuki Pastikan Tetap Tampil di MotoGP 2012

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 01 Agustus 2011 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 01 38 486672 IWYVLmYy0n.jpg Foto: Mekanik tim Suzuki tengah bekerja di garasi/Getty Images
A A A

LONDON - Suzuki sempat diterpa gosip miring ketika memutuskan hanya menurunkan satu motor di musim balap MotoGP tahun ini. Tim pabrikan Jepang itu disebut-sebut bangkrut dan musim ini merupakan musim terakhir mereka di pentas MotoGP.

Namun, kabar miring tersebut langsung terbantahkan setelah pihak Motul -pabrikan oli terkemuka Prancis- mengumumkan komitmen mereka untuk terus bekerja sama dengan Suzuki di musim balap tahun depan (2012). Motul menyatakan kesiapannya membantu Suzuki mempersiapkan diri menuju era baru MotoGP yang mulai musim 2012 akan menggunakan mesin 1000cc.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Dengan perubahan mesin menjadi 1000cc untuk musim depan, para mekanik Motul dan rekan-rekan di Suzuki sudah mulai mengerjakan proyek baru untuk memastikan bahwa Rizla Suzuki punya produk yang tepat untuk permulaan (2012),” bunyi pernyataan kubu Motul sebagaimana dikutip Visordown, Senin (1/8/2011).

Namun, untuk mengerjakan motor dengan spesifikasi yang telah ditentukan FIM, Suzuki dan Motul masih terkendala sumber daya yang tersedia yang didedikasikan untuk balap. Mengambil contoh produsen saingan seperti Honda misalnya, mereka memiliki fasilitas yang memfokuskan sepenuhnya motor balap dengan HRC. Sedangkan pekerjaan Suzuki dimasukkan pada skala yang lebih kecil, sehingga menyebarkan tuntutan di seluruh divisi.

Dengan semua kendala yang dialami, besar kemungkinan untuk musim depan Suzuki masih akan menggunakan mesin berkapasitas 800cc untuk mengukur daya saing dengan regulasi baru. Motor lama ini juga punya keuntungan, yakni lebih ringan dari motor baru (1000cc) dan lebih efisien dalam urusan bahan bakar.

Terkait permasalahan line-up pembalap di musim depan, Suzuki kabarnya akan menurunkan dua pembalap –seperti tim-tim lain-. Alvaro Bautista yang besar kemungkinan bakal dapat perpanjangan kontrak, kabarnya akan diduetkan dengan John Hopkins.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini