Share

Hujan Deras, Menpora Tetap Tinjau Venue Asean Paragames

Genta Wahyu, Jurnalis · Sabtu 10 Desember 2011 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 10 43 540654 ZZPwz0kM2L.jpg Foto: Menpora Andi Mallarangeng/okezone
A A A

SOLO - Kendati hujan deras mengguyur Kota Solo, Jawa Tengah, Menpora Andi Mallarangeng tetap melanjutkan meninjau langsung beberapa  venue yang akan dipergunakan dalam Asean Paragames VI, 2011. Termasuk Asrama Haji Donohudan, yang akan dijadikan penginapan para atlet Asean Paragames.

Saat berada di kompleks olahraga Manahan Solo dan Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Menpora menilai persiapan baik prasarana, sarana, maupun akomodasi untuk para peserta Paragames ASEAN sudah cukup baik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Alhamdulillah,semua prasarana sudah siap digunakan dalam pertandingan nanti, termasuk asrama haji tempat atlet menginap juga sudah siap dipakai. Termasuk penambahan beberapa bagian yang disesuaikan dengan kondisi atlet," jelas Menpora seusai meninjau venue, Sabtu (10/12/2011).

Ditambahkan, seluruh bangunan tempat bertanding dan wisma atlet semuanya hanya dilakukan renovasi. Seperti penambahan toilet, penambahan pintu diperlebar, pasang lift di wisma atlet, agar mempermudah para atlet bergerak.

"Hampir 30 persen adalah atlet menggunakan kursi roda, jadi misalnya pintu toilet harus dipastikan, kursi rodanya bisa masuk serta bisa manuver," ujarnya.

Selain itu menurut Menpora, kemampuan Kota Solo sebagai kota yang mampu mengelola berbagai even bertaraf internasional sudah tidak diragukan lagi. Berbagai jenis perlombaan hingga penyelenggaraan acara-acara penting, sudah pernah digelar di Solo. Salah satu contoh, menggelar Kongres Luar Biasa PSSI, Juli lalu.

Sementara itu, Ketua Inasoc, James Tangkudung yang ikut mendampingi Menpora mengatakan, selain prasarana dan sarana, pertemuan dengan APSF untuk membahas dan monitoring persiapan juga terus dilakukan.

"Beberapa Delegasi perserta Asean Paragames telah meninjau venue pertandingan dan memberikan masukan apa yang sudah baik, dan apa yang masih kurang," ujar James.

Selain itu, ada pengadaan sekitar 10 bus yang telah dimodifikasi untuk mengangkut para atlet dan ofisial. Tempat pertandingan dipusatkan di dua tempat, komplek olahraga Sriwedari Solo dan Mahanan Solo. Sedang wisma atlet dipusatkan asrama haji Donohudan.

ASEAN Paragames VI, akan diadakan pada tanggal 12 - 22 Desember mendatang, dengan 11 cabang olah raga. Dihadiri sekitar 2500 atlet dari 11 negara.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini