Share

Cucu Soeharto Incar Kursi Ketua POSSI

Rohmat, Jurnalis · Minggu 15 Januari 2012 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 15 43 557474
A A A

DENPASAR - Perebutan kursi Ketua Umum Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) pada musyawarah nasional ke-8 di Bali, kian sengit karena melibatkan jenderal, menteri hingga cucu mantan Presiden RI Soeharto.

 

Adalah Panji Adhikumoro Soeharto, yang tak lain putra Bambang Trihatomojo atau cucu mantan pemimpin orde baru Soeharto. Menjelang musyawarah nasional (Munas) POSSI yang akan berlangsung 17-18 Januari di Kuta, Bali, Panji mulai berani memproklamirkan diri siap bersaing di Munas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Didampingi tim suksesnya, Panji memaparkan motivasi dan visinya untuk menahkodai POSSI yang saat ini dipegang Laksamana Madya (Purn) Freddy Numberi.

 

"Saya siap memimpin organisasi ini. Seluruh persyaratan administrasi sudah saya sampaikan ke panitia," ujar Panji di Denpasar, Minggu (15/1/2012).

 

Panji mengaku, sejak kecil sudah terbiasa dan senang bermain di laut sehingga ia tergerak untuk bisa mengangkat prestasi olah raga di laut serta memajukan industri maritim di Indonesia.

 

"Komitmen saya untuk memajukan POSSI ke depan dengan fokus perhatian pada olahraga air, selam prestasi, selam rekreasi, selam profesi dan ilmu pengetahuan," tegas Presiden Direktur Aneka Solusi Riset (ASR) ini.

 

Ia menilai, untuk selam profesi POSSI telah berjalan dengan baik seperti medali yang dipersembahkan untuk Indonesia di ajang SEA Games

 

Namun masih banyak yang belum diperhatikan seperti selam prestasi, riset dan pengetahuan bawah laut.

 

"Yang tak kalah pentingnya membangun masyarakat pesisir yang kerap melakukan penyelaman tradisional dengan alat-alat yang membahayakan keselamatan seperti menyelam dengan konpressor, tegasnya didampingi GS Prasetya.

 

Keikutsertaan Panji juga bukan semata mengincar jabatan namun karena amanah dukungan aspirasi dari sejumlah daerah.

 

Pengurus daerah yang diklaim memberikan dukungan kepadanya adalah Nanggroe Aceh Darussalam, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Nusa Tenggara Barat.

 

Panji sadar langkahnya untuk menduduki ketua umum POSSI cukup berat, karena harus berhadapan dengan tokoh-tokoh yang cukup dikenal bahkan masih menjabat menteri.

 

Namun ambisinya untuk memajukan olahraga prestasi, POSSI dapat menjadi organisasi kredibel sebagai satu-satunya lembaga yang menaungi selam.

 

"Saya ingin membuat organisasi ini lebih besar dan berperan aktif terhadap olahraga prestasi dan industri selam secara keseluruhan," ucapnya.

 

Nama-nama yang disebut bakal bertarung di Munas POSSI adalah incumbent Laksamana Madya (Purna) Freddy Numberi (manten Menhub), dan Menteri Pariwisata , Brigjen Agus (Kepala Basarnas) dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dan mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Fadel Muhammad.

 

Kehadiran Panji meramaikan bursa pencalonan ketua umum POSSI cukup menarik dicermati lantaran satu-satunya calon dari kalangan anak muda.

 

Bisa jadi, Panji akan menjadi kuda hitam bisa mengungguli tokoh-tokoh tua olahraga selam di Indonesia.

 

(win)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini