Share

Ferrari Berencana Jiplak Rangka Buritan Sauber

Randy Wirayudha, Jurnalis · Rabu 04 April 2012 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 04 37 605840 6GM5ajlgnx.jpg Rangka C31 milik Sauber rencananya akan dijiplak Ferrari (Foto: Getty Images)
A A A

MARANELLO – Sukses Fernando Alonso di Malaysia bukanlah tolok ukur yang tepat untuk menggambarkan bagaimana prestasi Ferrari musim ini. Masalah rangka pada buritan dan side pod milik Sauber yang dinilai telah memberikan efisiensi aerodinamis para Sauber selama ini.

 

Alonso sendiri mengakui, Sauber yang dikendalikan Sergio Pérez dan Kamui Kobayashi lebih cepat dari Ferrari sendiri. Sauber yang menggunakan rangka C31, dengan impresif mampu memanfaatkan alur aerodinamis dengan baik, sehingga membuat mobil mereka terasa lebih cepat dari Ferrari maupun yang lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

“Tak diragukan lagi, mereka (Sauber) lebih cepat dari laju kami,” ungkap Alonso, sebagaimana dinukil F1Today, Rabu (4/4/2012).

 

Rumor ini sejatinya sudah berkembang sejak pekan lalu usai Alonso memenangi seri Sepang. Bahkan satu media Italia, Autosprint, sudah mengemukakan ‘calon nama’ rangka Ferrari yang nantinya akan mencontoh Sauber menjadi ‘Ferrauber’.

 

Sebetulnya, bukan semata hanya Ferrari yang mencoba menyontek rangka C31 Sauber. Red Bull sudah lebih dulu mencontohnya, tapi tidak secara keseluruhan. Di periode pertama sesi tes pra-musim, mobil RB8 ciptaan Adrian Newey itu juga mencoba solusi buritan dengan mencontoh Sauber.

 

Namun rangka buritan C31 ini nyaris berbenturan dengan aturan pelarangan blown diffuser oleh FIA, badan otoritas F1. Sebab, tata letak knalpot Sauber hampir melanggar batas-batas yang diizinkan soal aturan blown diffuser. Tapi belakangan, delegasi teknis FIA, Carlie Whitting menilai rangka C31 Sauber masih legal digunakan.

 

“Kami belum berada dalam posisi untuk bisa mengatakan berapa banyak pengaruh sistem aerodinamis pada tiap timnya. Oleh sebab itu, mustahil bagi kami mengatakan rangka mereka ‘berlebihan atau mengatakan sudah tepat’. Tujuan aturan baru itu untuk memastikan bahwa kami tak harus mengecek mobil di tiap tim yang menjadi peserta,” tutur Whitting.

 

Kembali ke niatan tim kuda jingkrak, Ferrari akan berada dalam antrian untuk menjiplak solusi buritan Sauber. Tapi Ferrari dan Sauber tak sepenuhnya punya bentuk rangka yang sama. Gearbox Ferrari lebih sempit, tapi kesamaan antara keduanya terletak pada area pod samping.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini