Share

Pacquiao di Hadapan Kutukan Laga ke-16

Randy Wirayudha, Jurnalis · Kamis 12 April 2012 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 12 41 610579 4MCEwSi4yp.jpg Emmanuel 'Manny' Dapidran Pacquiao (Foto: Getty Images)
A A A

LOS ANGELES – Belakangan, Manny Pacquiao sedikit terusik jelang laga tarungnya dengan Tim Bradley pada 9 Juni mendatang. Bukan hal-hal teknis, atau gurauan yang disertai psywar, tapi catatan kutukan tiap laga ke-16 yang selalu membayangi Pacquiao.

 

Percaya atau tidak, Pacquiao akan selalu kalah lewat KO maupun kalah angka, saat bertarung pada hitungan laga ke-16, setelah kekalahan terakhir. Bukan ingin mempercayai tahayul, tapi catatan karier Pacman berkata demikian.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Sebagaimana disitat GMANews, Kamis (12/4/2012), kutukan laga ke-16, dimulai usai Pacquiao mengalami kekalahan pertama dari Rustico Torrecampo. Pacquiao kalah KO di ronde ketiga, dalam laga yang digelar di Mandaluyong City, 16 tahun silam itu.

 

Memang 15 laga selanjutnya, Pacquiao tak pernah kalah, tapi kejadian itu akan terulang saat laga tarung ke-16 dilakoni anggota kongres Filipina tersebut.Sementara, melawan Bradley, akan menjadi laga tarung ke-16 nya, setelah kalah dari Erik Morales di tahun 2005.

 

Saat tahun 1999, Pacquiao menjalani episode pertama kutukannya. 15 laga setelah kalah dari Torrecampo, Pacquiao tak pernah keok. Tapi saat menginjak yang ke-16, Pacquiao kembali mengecap kekalahan, lagi-lagi KO di ronde ketiga dari petinju Thailand, Medgoen Singsurat, yang akhirnya memaksa Pacquiao melepas sabuk kelas terbang WBC-nya.

 

Kalah dari Morales, merupakan episode kedua kutukannya. Meski tidak sampai tumbang KO, Pacquiao tetap kalah dan gagal merebut titel kelas bulu super WBC dan IBA milik Morales. Pacquiao kalah angka.

 

Belum tahu, apa yang kini akan dilakukan Pacquiao. Tapi selama ini, meski Pacquiao merupakan pribadi yang religius, tapi Pacquiao tetap percaya hal-hal tahayul. Contohnya, Pacman lebih memilih mengendarai mobil Lincoln Navigator tuanya, dari rumahnya di Los Angeles ke Las Vegas, ketimbang terbang dengan pesawat.

 

Lantas, Pacquiao juga biasanya memilih untuk tetap berada di Mandalay Bay, sebelum bertarung. Terakhir, Pacquiao juga selalu mengenakan sarung tinju Cleto Reyes. Pernah Pacquiao tak mengenakannya, dan dia berakhir dengan kekalahan dari Morales.

 

Kepercayaan soal hal-hal klenik seperti ini, bukan hanya diidap Pacquiao. Beberapa atlet kenamaan di negeri Paman Sam – Amerika Serikat, banyak yang juga mempercayai hal-hal tahayul.

 

Sebut saja Michael Jordan (NBA), yang selalu mengenakan celana masa kuliahnya di dalam seragam Chicago Bulls. Begitu juga dengan Serena Williams (tenis), yang selalu memantulkan bola lima kali sebelum servis pertamanya, dan dua kali sebelum servis keduanya untuk mendapatkan pukulan servis yang bisa mencetak poin.

 

Kompatriot Pacquiao dari dunia biliar, legenda Efren ‘Bata’ Reyes juga tak pernah lepas dari hal-hal itu. Dia selalu menolak memasang gigi palsunya saat mandi dan selama turnamen berlangsung. Sementara Pebasket Filipina – Gary David, selalu mencium gambar wajah istri dan nama kedua anaknya, yang terpahat tato di bahunya, sebelum melayangkan freehthrow.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini