Share

Schumi: Ini Baru Sesi Latihan!

Achmad Firdaus, Jurnalis · Jum'at 13 April 2012 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 13 37 611196 75lfbBPnPa.jpg Schumi saat siap-siap melakoni sesi latihan (Foto: Getty Images)
A A A

SHANGHAI - Michael Schumacher membuat kejutan pada sesi latihan bebas kedua F1GP China, Jumat (13/4/2012). Pembalap Mercedes mampu mengungguli pembalap-pembalap unggulan dan tampil sebagai yang tercepat.

Schumi tampil ciamik pada sesi latihan bebas jelang seri balap ketiga di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (15/4/2012). Pada Free Practice pertama (pagi-red), juara dunia tujuh kali sukses menempati urutan tiga, di belakang rekan setimnya Nico Rosberg dan Lewis Hamilton (McLaren) yang jadi pembalap tercepat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di sesi latihan bebas kedua, beberapa jam berselang, Schumi mampu menggeber mobilnya secara maksimal dan berhasil mencatatkan waktu tercepat, 1 menit 35:973, unggul sekira 0.172 detik dari Hamilton yang harus puas di tempat kedua.

Hasil ini tentu membuat Schumi sumringah. Meski demikian, pembalap 43 tahun ini enggan jumawa. Menurutnya, hasil hari ini bukan jaminan dirinya akan tampil sama bagus pada saat lomba (Minggu).

“Dalam dua tahun terakhir, sebagai tim kami terus menunjukkan peningkatan, terutama untuk urusan analisa awal dan menciptakan mobil yang lebih baik. Namun, Anda semua tahu bahwa ini baru Jumat, bukan Minggu sore (race),” kata Schumi seraya meminta timnya untuk terus bekerja keras.

Dalam kesempatan ini, Schumi juga tak menampik bila penampilannya  tak lepas dari inovasi baru yang diadopsi Mercedes, yakni teknologi sayap W-duct -teknologi seperti DRS yang berguna untuk menambah kecepatan mobil di trek lurus.

Sebelumnya, inovasi ini sempat diprotes oleh tim Lotus F1 yang menuding Mercedes telah melanggar regulasi FIA. Namun, setelah diselidiki dan diketahui bahwa sistem tersebut tidak dioperasikan langsung oleh pembalap, FIA akhirnya membolehkan Mercedes menggunakan inovasi tersebut di Shanghai.

“Ini jelas menjadi jawaban atas komentar beberapa orang yang memang suka dengan spekulasi. Ini (W-duct) adalah inovasi yang bagus dan saya rasa setiap orang harusnya memberikan apresiasi,” imbuhnya dikutip Planet F1 selesai sesi.

“Jika Anda punya inovasi, orang harus menerima itu. Mercedes telah melakukan pekerjaan dengan sangat bagus untuk yang satu ini. Jadi, kami mengaplikasikan inovasi ini karena memberikan kami keuntungan,” pungkas mantan pembalap Ferrari ini.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini