Share

Akibat Senggolan, Rio Finis ke-15

Achmad Firdaus, Jurnalis · Minggu 22 April 2012 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 22 37 616313 Qjb1fMfYeR.jpg Rio saat beraksi di GP 2 Bahrain (Foto: dok. Rio)
A A A

MANAMA - Race kedua GP2 Bahrain berjalan kurang baik untuk Rio Haryanto. Akibat bersenggolan dengan pembalap lain, Rio harus puas mengakhiri balapan di posisi 15.

Rio sedianya memulai balapan di sirkuit Sakhir, Minggu (22/4/2012) dengan cukup baik. Mengambil start dari urutan sembilan, pembalap muda Indonesia yang membela tim Marussia Carlin sukses mempertahankan posisinya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun memasuki lap ke-6, Rio mengalami nasib nahas, di mana mobilnya bersenggolan dengan pembalap lain, Gonzalez yang mengakibatkan kerusakan pada sayap dengan mobilnya.

Akibat insiden tersebut, Rio harus rela posisinya melorot ke urutan 22. Tak menyerah, Rio terus berupaya mengejar ketertinggalannya. Meski dengan kondisi sayap depan yang rusak, Rio yang finis di urutan sembilan pada race pertama (feature race), akhirnya sukses mengakhiri race kedua (sprint race) di posisi 15.

Balapan sendiri dimenangkan Davide Valsecchi (DAMS) dengan waktu 39 menit 22,363 detik. Esteban Gutierrez (Lotus GP) meraih posisi kedua, diikuti oleh rekan setimnya, James Calado di podium tiga.

Usai balapan, Rio tak bisa memungkiri bahwa kegagalannya finis di posisi 10 besar tak lepas dari insiden senggolan tersebut. Meski demikian, Rio tak ingin menyalahkan siapa pun dan memilih untuk fokus memberikan yang lebih baik lagi di seri-seri berikutnya.

“Untuk start, sudah lebih baik dari kemarin (race 1). Lap-lap awal mobil cukup stabil dan saya berusaha menjaga ban. Tapi, usai tikungan 4 (lap 6), saya merasa ada yang menyenggol dan membuat saya melintir dan mundur ke posisi 22,” tutur Rio dalam rilis yang diterima okezone.

“Akan tetapi, saya push terus untuk menyelesaikan lomba. (Dengan kondisi sayap rusak) saya berusaha terus menjaga agar tidak understeer terutama di high speed corner dan berhasil finis di urutan 15,” sambungnya.

Dengan hasil ini, Rio tak beranjak dari posisi 12 klasemen sementara pembalap, dengan raihan 4 poin. “Secara keseluruhan pekan ini, kami cukup improve dari segi kecepatan. Hari ini sedikit tidak beruntung karena senggolan. Saya tetap optimistis di balapan berikutnya,” pungkasnya.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini