Share

20 Atlet Indonesia Lolos Kualifikasi Olimpiade

Auzan Julikar Sutedjo, Jurnalis · Selasa 24 April 2012 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 24 43 617587
A A A

JAKARTA – Tinggal 94 hari menjelang Olimpiade London baru 20 atlet yang dipastikan lolos kualifikasi dari target 30 atlet. Atlet-atlet itu berasal dari cabang renang, Bulutangkis, angkat besi dan panahan.

 

Sementara cabang yang masih berusaha meloloskan atletnya sampai batas akhir kualifikasi adalah, atletik, tinju, gulat dan juga bulutangkis.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Rencananya, kontingen Merah-Putih akan bertolak ke London pada pekan ketiga, bulan Juli mendatang. Kemudian kembali ke Tanah Air pada pekan ke-2 bulan Agustus.

 

Ketua Kontingen Eric Tohir optimistis tradisi emas bisa dipertahankan hanya saja kontingen Indonesia masih terkendala soal dana. Dengan rencana memberangkatkan 53 orang termasuk ofisial dibutuhkan dana lebih dari Rp30 miliar sementara anggaran yang disetujui pemerintah hanya Rp26 miliar.

 

Anggaran untuk Olimpiade kali ini tidak jauh dengan Beijing 2008 yang sebesar Rp25 miliar, kekurangan dana untuk olimpiade kali ini akan ditutupi dari 10 sponsor yang ada.

 

Menyikapi pelaksanaan olimpiade yang bertepatan dengan bulan puasa, Eric Tohir menyatakan atlet village menyediakan makanan 24 jam. “Tapi, kami juga sudah mempersiapkan makanan ekstra berupa vitamin,” ujar Ketua Kontingen Indonesia, Erick Thohir dalam konferensi pers Persiapan Tim Indonesia Menuju Olimpiade London, di FX Plaza Koi Building lantai 19 Senayan, Jakarta, Selasa (24/4/2012).

 

Ditanya soal anggaran, Erick mengatakan baru turun awal Juni.Erick mengaku waktu pencairan tersebut sudah sangat telat. Dia masih berbicara dengan pihak DPR dan mengharapkan anggaran bisa cair akhir bulan Mei.

 

Menyikapi soal akomodasi selama even, Erick yang baru saja melakukan survei ke London mengemukakan harga menginap di sana sekarang 600 pounds, padahal Februari lalu baru 300 pounds.

 

“Dan bila nanti pesan hotel baru bulan Juni sesuai cairnya anggaran hotel belum tentu ada begitu juga dengan tiket pesawat,” jelas dia. Erick juga mengatakan latih tanding, sewa lapangan dan pemulihan sangat penting demi memertahankan tradisi emas. Namun skenario terburuk bila dana kurang maka jumlah atlet yang akan diberangkatkan dikurangi. Rencananya Indonesia memberangkatkan 29 atlet dan 24 ofisial.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini