Share

Jateng Targetkan 60 Emas

Sundoyo Hardi, Jurnalis · Rabu 25 April 2012 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 25 43 618457
A A A

SEMARANG – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Tengah menargetkan meraih 60 medali emas pada gelaran PON XVIII/2012 di Riau, September mendatang. Jumlah tersebut naik tujuh keping emas dari pencapaian Jawa Tengah pada PON sebelumnya di Kalimantan Timur pada 2008 lalu.

Kontingen Jawa Tengah membawa pulang 53 medali emas, 80 perak, dan 81 perunggu ketika PON di helat di Kalimantan Timur. Dengan kenaikan target tersebut, Jawa Tengah berharap mampu menembus lingkaran empat besar. Untuk merealisasikan target ini, KONI Jawa Tengah siap mengguyur atlet berprestasi dengan bonus besar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Atlet peraih emas berhak atas Rp 150 juta, perak Rp 50 juta, dan perunggu Rp 30 juta. Pelatih yang atletnya meraih emas Rp 50 juta, perak Rp 20 juta, dan perunggu Rp 10 juta. Ketua Umum KONI Jawa Tengah Seediro Atmoprawiro beraharap bonus ini mampu melipatgandakan semangat para atlet yang akan bertarung di Riau nanti.

”Sudah seharusnya, atlet dan pelatih yang meraih medali mendapat penghargaan dan apresiasi positif. Dengan sedikit tali asih itu, setiap cabang olahraga kami minta mengevaluasi ketat terhadap kesiapan atletnya,” kata Soediro.

Target yang dicanangkan Jawa Tengah ini jauh di bawah sejumlah provinsi lain peserta PON. Sebanyak enam provinsi menargetkan raihan medali emas lebih dari seratus keping. Daerah yang sudah merilis target mendulang lebih dari seratus keping emas adalah DKI Jakarta, Jatim, Kaltim, Sumsel, Riau dan Jawa Barat.

Bahkan DKI menargetkan sebanyak 150 keping emas. Sedangkan Jawa Timur menargetkan 126 keping medali emas. Di sisi lain jumlah medali emas yang diperebutkan di ajang PON tahun ini lebih sedikit dibandingkan PON sebelumnya. Salah satunya adalah dihapusnya cabang olahraga berkuda, hoki, drumband, dan dansa.

PON 2012 memperebutkan 555 medali emas, 555 perak, serta 729 medali perunggu. Medali-medali ini berasal dari 39 cabang olahraga yang memainkan 555 nomor pertandingan.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Hartono mengungkapkan, jumlah cabang unggulan Jawa Tengah pada PON di Riau mendatang lebih banyak dibandingkan cabang unggulan pada PON 2008 Kalimantan Timur. Kalau di Kaltim hanya 12 cabang tetapi di Riau menjadi 15 cabang.

”Target yang diusung Jawa Tengah pada pesta olahraga multievent empat tahunan di Riau mendatang bukan pada peringkat tetapi pada kenaikan medali emas yang diperoleh. Kalau mendasarkan pada peningkatan perolehan medali emas tentunya berakibat juga pada perbaikan peringkat,” ujar Hartono.

KONI Jawa Tengah juga merilis teknis Pelatda PON 2012. Saat ini, pelatda dihuni 484 atlet yang terdiri dari 200 atlet utama dan 284 atlet potensi. Mereka didampingi 125 pelatih. Pelatda sudah resmi dimulai pada bulan Maret. Seluruh atlet dan pelatih yang kurang lebih 600 orang itu akan berangkat semua ke PON.

 

(seb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini