Share

Kata Beregu Sumbang Medali Perak

Hendra Mujiraharja, Jurnalis · Selasa 17 Juli 2012 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 17 43 664697 kLFtasmPuO.jpg Tim karate beregu Indonesia. (Foto: Ist)
A A A

TASHKENT – Tim kata beregu putra Indonesia merebut medali perak pada Kejuaraan Karate Asia (AKF) di Tashkent, Uzbekistan, Selasa (17/7/2012)n. Namun, hasil itu tetap menjadi rekor terbaik tim kata beregu karena lolos ke final untuk kali pertama sejak penerapan sistem dua kontestan final pada Kejuaraan AKF 2011 Malaysia.

Indonesia sebetulnya sangat berharap tim kata beregu putra yang diperkuat Faizal Zainuddin, Aswar, dan Fidelys Lolobua, mampu melengkapi perolehan medali emas yang ditorehkan Yulanda Asmuruf di nomor kumite -68 kg putri, Senin (16/7). Namun, ternyata mereka harus puas dengan posisi runner-up setelah dikalahkan tim kata beregu putra Iran pada final hari ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pada babak pertama, Faizal dkk memang tampil gemilang dengan menundukkan tim kata beregu putra Vietnam. Begitu pun pada babak kedua, juara WKF Premier League 2011 Istanbul dan 2012 Jakarta ini mendominasi pertandingan melawan Korea Selatan. Sementara pada perebutan tiket final, mereka tampil sebagai yang terbaik dengan mengalahkan tim kata beregu Uni Emirat Arab.

Sayangnya, pada momen penentu, Faizal terkendala stamina setelah tenaganya terkuras saat tampil pada nomor kata perseorangan putra. Alhasil, dia sempat goyang saat menghadapi tim kuat Asia, Iran, yang diperkuat Ahad, Armin, dan Farzad. Dan, akibatnya, tim kata beregu putra harus puas di tempat kedua dengan meraih medali perak.

“Sebetulnya, ini momen kami untuk bisa menjadi juara Asia. Tapi, inilah pertandingan ada kalah dan ada menang,” ujar Aswar pasrah, setelah mendapat ucapan selamat dari Duta Besar Indonesia di Uzbekistan H.E. Mohamad Asruchin, dalam rilis yang didapat Okezone, Selasa (17/7/2012).

Pertemuan Faizal dkk dengan tim Iran ini sebetulnya sudah tiga kali terjadi. Pada Kejuaraan Asia 2011 di Quangzhou, China, mereka bertemu pada semifinal yang dimenangkan Iran. Sementara Indonesia harus puas dengan peringkat ketiga. Namun, pada pertemuan kedua pada final di WKF Premier League 2012 Jakarta, giliran Indonesia yang mengalahkan Iran. Sayangnya, pada pertemuan ketiga, Merah Putih kembali harus mengakui keunggulan Ahad dkk di Uzbekistan.

”Jika Faizal tidak goyang, mungkin hasilnya akan lain karena mereka sebetulnya tampil bagus. Namun, inilah pertandingan. Apalagi, Iran juga tampil bagus. Tapi, saya yakin, kekurangmaksimalan Faizal tak lepas karena kondisinya yang kurang fit. Dua hari jelang bertanding, dia sempat terserang demam. Apalagi, sebelum itu, dia juga tampil di nomor kata perseorangan,” ujar Pelatih Omita Olga Omita.

”Tapi, apa pun, kami tetap puas dengan hasil ini. Ini rekor terbaik yang ditorehkan Indonesia di nomor kata beregu putra level Asia. Sebab, ini final pertama Indonesia sejak final menggunakan sistem dua karateka pada 2001 di AKF Malaysia,” tambah Omita.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini