Share

Webber Enggak Kaget Kena Penalti

Randy Wirayudha, Jurnalis · Minggu 02 September 2012 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 02 37 683992 88FkyT8zn6.jpg Mark Alan Webber (Foto: Reuters)
A A A

SPA – Sebelum menjalani sesi kualifikasi kemarin atau bahkan sepekan sebelumnya, Mark Webber sudah tahu bahwa dirinya bakal kena penalti dari penyelenggara. Jadi, vonis penalti lima grid baginya di seri Spa musim ini, bukan lagi hal yang mengejutkan.

Driver Red Bull itu sedianya mendulang posisi ketujuh, tapi penalti memaksanya start dari grid ke-12 di sesi lomba, malam nanti. Webber sendiri sadar akan sebab-musababnya dan masih percaya diri, mampu memberi hasil lebih baik dari 10 besar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Semenjak kembali dari masa jeda singkatnya, Webber sudah pikir panjang tentang masalah yang menerpa mobilnya. Gearbox-nya sudah rusak, sekembalinya Webber dari GP Hungaria dan mesti menggantinya di seri-seri berikutnya. Dengan mengenakan gearbox baru, berarti sama saja mengundang sanksi yang diterimanya dengan lapang dada.

“Saya sudah sadar akan kena penalti. Saya kehilangan poin dengan kerusakan gearbox itu di Budapest. Kerusakannya mempengaruhi performa,” beber Webber, sebagaimana disadur Sportal, Minggu (2/9/2012).

“Tapi yang penting, saat itu saya bisa membawa mobil ke garis finis. Tapi gearbox-nya sudah rusak parah untuk bisa dipakai di sini. Kami harus menggunakan gearbox yang baru,” lanjut pembalap berusia 36 tahun tersebut.

Sementara rekan setim Webber, Sebastian Vettel, masih belum mengerti mengapa hasil kualifikasinya kemarin tak sinkron dengan harapannya. Padahal, Vettel merasa mobilnya tak terkendala masalah apapun. Vettel menghasilkan grid ke-11 tapi berkat penalti Webber, Vettel akan start dari posisi ke-10.

“Saya tak membuat masalah dan mobil saya tak terkendala apapun. Jika saya mendapat kesempatan kualifikasi lagi, ceritanya akan berbeda. Padahal saya sudah cukup puas dengan performa mobil ini merampungkan lap demi lap, tapi catatan waktunya tak sesuai harapan,” sergahnya.

Kendati demikian, start di belakang sembilan mobil lainnya belum menutup kemungkinannya untuk finis di posisi lima atau bahkan tiga besar. Karakter trek yang terbilang cukup lebar, akan memudahkan harapan sang juara bertahan F1 itu.

“Yang jadi hal terpenting, trek di sini merupakan salah satu trek favorit, kami tak mesti mengandalkan zona DRS (Drag Reduction System) untuk menyalip. Tentunya menyalip lawan akan jadi hal yang mungkin – apapun bisa terjadi malam ini,” tutup Vettel.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini