Share

Demi PON 2016, Jabar Siapkan Pembinaan Jangka Panjang

Panji Qadhafi, Jurnalis · Jum'at 28 September 2012 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 28 43 696652
A A A

BANDUNG - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat telah merancanakan untuk menggelar Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) jangka panjang untuk para atlet sebagai persiapan menuju PON XIX/2016 mulai Januari 2013 mendatang.

"Sistem pelatihan jangka panjang menjadi fokus kami ke depan, terutama untuk mempersiapkan PON XIX/2016. Pelatda atlet Jabar akan dilakukan mulai Januari 2013," kata Ketua Umum KONI Jawa Barat Azis Syarif kepada HATTRICK. Namun meskipun demikian sebagian cabang olahraga yang memerlukan persiapan lebih ekstra, akan melakukan training center (TC) lebih awal. Diantaranya yaitu untuk cabor panahan dan menembak.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut Azis, hal itu sudah menjadi road map pembinaan KONI Jabar ke depan dengan prioritas untuk peningkatan kemampuan atlet baik secara teknik maupun fisik. Masih kata Azis, keberhasilan Jabar meraih Dua Besar PON XVIII/2012 tidak lepas dari program pelatihan yang dilakukan selama dua tahun, atau setahun lebih lama dibandingkan Pelatda yang digelar pada PON-PON sebelumnya.

"Selepas PON XVIII/2012 ini, kami akan fokus untuk evaluasi atlet  dan inventarisasi atlet yang usianya masih memungkinkan bisa berlaga di PON 2016," kata Azis.

Jumlah atlet muda Jabar yang masih bisa berlaga di PON 2016 masih cukup banyak, dan akan dipadu dengan atlet-atlet muda yang akan berlaga di PON Remaja 2013 mendatang.

Terkait anggaran untuk menggelar Pelatda jangka panjang atlet Jabar, dipastikan sudah dipersiapkan dan mencukupi. Tinggal nanti pada pelaksanaannya bisa dialokasikan dengan sebaik mungkin.

"Anggaran sudah ada, dan cukup untuk menggelar program itu. Yang jelas kami akan menyiapkan skema pelatihan jangka panjang. Isya Allah kita bisa memanagenya," kata Azis.

Kesungguhan Jabar untuk mempersiapkan kekuatan PON 2016 sangat beralasan, pasalnya sebagai tuan rumah KONI Jabar sejak jauh-jauh hari telah menargetkan Jabar Kahiji dan menjadi Juara Umum untuk mengembalikan yang diraih pada PON III/1961 silam.

"Sebagai tuan rumah jelas target Jabar untuk meraih juara umum, dan kami akan melakukannya secara elegan, terhormat dan memaksimalkan atlet binaan sendiri untuk mencapai Jabar Kahiji," kata Azis.

Sukses Jabar meraih dua besar di PON Riau, memberikan spirit bagi KONI Jabar untuk bisa meraih puncak prestasi pada perhelatan empat tahun mendatang itu.

"Semua aspek akan dievaluasi, apa yang menjadi keunggulan dan kelemahan Jabar pada PON 2012 kemarin, untuk menjadi bahan perbandingan untuk kesiapan atlet pada PON 2016. Salah satunya melakukan pemetaan kekuatan atlet secara internal maupun eksternal daerah lain," pungkasnya.

(acf)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini