Share

Atlet Difabel DIY Bisa Jadi PNS

Ridwan Anshori, Jurnalis · Minggu 30 September 2012 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 30 43 697095
A A A

YOGYAKARTA - Bonus menjadi PNS diberikan kepada Kontingen DIY yang akan bertanding pada Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XIV/2012 Riau, 7-15 Oktober mendatang. Paralympic -sebutan atlet yang mengikuti Peparnas- diangkat menjadi PNS jika mampu menyumbangkan medali emas bagi Kontingen DIY.

Ganjaran diangkat menjadi PNS itu dilontarkan langsung oleh Permaisuri Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas. "Diangkat menjadi PNS merupakan penghargaan yang setimpal bagi mereka yang sudah mengharumkan DIY di tingkat nasional," katanya, Minggu (30/9/2012)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Iming-iming bagi atlet difabel menjadi PNS itu sebenarnya bukan hal baru. Pada Peparnas XIII 2008 di Kalimantan Timur, Kontingen DIY mampu meraih 3 medali emas. Ketiga atlet penyumbang medali emas itu langsung diangkat menjadi pegawai di Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY. Sedangkan pada Peparnas XII 2004 di Palembang, bonus serupa juga diberikan kepada peraih medali emas.

Istri Gubrenur DIY Sri Sultan HB X ini juga berharap, bagi atlet peraih medali emas pada Pepanas sebelumnya yang belum diangkat menjadi PNS segera bisa diangkat. "Bagaimana pun, atlet difabel harus dihargai seperti layaknya atlet normal," pintanya.

Selain menjadi PNS, paralympic DIY yang meraih medali emas juga akan diberi bonus uang tunai. Informasi yang dihimpun, besaran uang tunai memang lebih sedikit dibanding yang diterima atlet normal pada PON Riau lalu. Peraih medali emas pada Peparnas Riau ini akan mendapatkan Rp20 juta.

Ketua Umum KONI DIY GBPH Prabu Kusumo merespon positif keinginan Ratu Hemas. Gusti Prabu menegaskan, peluang atlet difabel yang berprestasi diangkat menjadi PNS sangat terbuka. Pihaknya akan berkoordinasi dengan bupati dan wali kota yang ada di Provinsi DIY agar para atlet difabel bisa diterima bekerja dan diangkat sebagai PNS di dinas pemerintah daerah setempat.

Sementara itu, pada Peparnas XIV/2012 Riau ini, kekuatan Kontingen DIY berjumlah 55 atlet, 15 pelatih dan 10 ofisial. Paramlympic asal DIY ini akan bertanding di 10 cabang olah raga (cabor) yang dipertandingkan. Kontingen DIY akan terbang ke Riau pada 5 Oktober mendatang.

(min)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini