Share

PB Percasi Kembali Gelar Turnamen Terbesar di Asia

Randy Wirayudha, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2012 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 04 43 699165 drWWPeoqGH.JPG Konferensi Pers IOCC 2012 (Foto: Randy Wirayudha)
A A A

JAKARTA – Pada 10-17 Oktober mendatang, Indonesia akan kedatangan 40 pecatur Asia, Eropa dan Amerika dengan kaliber dunia yang bakal turun bertanding di ajang Indonesia Open Chess Championship (IOCC) 2012 yang diprakarsai PB Percasi (Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia).

 

Dari 40 pecatur mancanegara itu, terdapat nama-nama penghuni peringkat FIDE (Federasi Catur Dunia) tertinggi, seperti GM Ivan Sokolov, GM Li Chao, GM Vlad Tkachiev serta WGM (Grand Master Wanita) Dinara Sadvakassova.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Mereka nantinya akan beradu keterampilan memainkan bidak-bidak catur dengan 44 pecatur nasional, seperti GM Susanto Megaranto¸WGM Irene Kharisma Sukandar, WIM Chelsie Monica Sihite serta pecatur muda bertalenta, Medina Warda Aulia.

 

Turnamen yang akan digelar di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta itu, bakal memperebutkan hadiah total USD 55 ribu dan pembukaan turnamen terbesar di Asia ini, direncanakan akan diresmikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Andi Mallarangeng.

 

“Kami sangat berharap, Menpora berkenan membuka turnamen yang akan berjalan sembilan babak dengan menggunakan sistem Swiss ini. Untuk hadiahnya sendiri, akan dibagi tiga kategori, yakni kategori umum, kategori wanita terbaik dan kategori junior terbaik. Penetapan jumlah hadiah ini sudah disesuaikan dengan standar internasional,” papar Vicker Sinaga, Ketua Panitia IOCC 2012 yang juga satu dari beberapa Wakil Ketua PB Percasi.

 

IOCC 2012 ini sedianya menjadi yang kedua, setelah tahun lalu dihelat pula turnamen serupa. Tapi bedanya, IOCC kali ini makin diramaikan para pecatur dunia yang mengakui gengsi dan kualitas IOCC sejak pertama kali diselenggarakan, 2011 silam.

 

“IOCC ini walau baru dua kali diselenggarakan, sudah sangat menarik perhatian para Grand Master dunia karena bobot dan mutu dari segi peserta yang mengikutinya,” timpal GM Utut Adianto, salah satu Wakil Ketua PB Percasi, dalam sesi konferensi pers di Sahid Jaya Hotel, siang tadi.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini