Share

Empat Pendekar Menuju Kejuaran Dunia

Panji Qadhafi, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2012 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 16 43 704757
A A A

BANDUNG – Para pendekar silat Jabar yang juara di PON XVIII 2012 lalu, akan dipersiapkan untuk mengikuti Kejuaraan Dunia Silat, di Chiang Mai, Thailand, pada tanggal 18-26 November 2012 mendatang.

 

Pelatih silat Jabar, Ika lesmana menuturkan, pasca PON Riau para atlet Jabar saat ini sudah pulang ke daerahnya masing-masing setelah melakukan pelepasan di Bogor beberapa waktu lalu. “Para atlet sekarang sudah mulai berlatih di daerahnya, di Pengcanya masing-masing. Setelah waktu itu kami melakukan acara pelepasan di rumah manager di Bogor,” katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Namun meskipun begitu, kata Ika, Pengurus Besar (PB) Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) sudah memiliki agenda tersendiri, yaitu mempersiapkan para atlet untuk mengikuti kejuaraan dunia yang akan digelar di Thailand.

 

Kontingen Indonesia akan mengikuti antara 22 nomor dari 24 nomor yang dipertandingkan di Kejuaraan Pencak Silat Dunia itu. Sementara itu Jabar sendiri tengah memeprsiapkan empat atlet andalannya yaitu Wewey Wita, Yulinar Tikasari, Wahyudi Lukman dan Yudi Purwadiono yang saat PON XVIII menyumabngkan medali emas untuk Jabar.

 

"Nomor yang tidak diikuti adalah kelas bebas putra dan putri karena nomor itu memang tidak dipertandingkan di PON Riau lalu. Alhamdulilah, empat medali emas kami bawa pulang untuk dipersembahkan kepada warga Jawa Barat, jadi ke-empat atlet Jabar yang menyumbang medali emas kemarin tengah dipersiapkan untuk kejuaraan dunia tersebut," ungkapnya.

 

Ika menilai, persiapan yang dilakukan para atlet sebenarnya mepet, waktunya hanya kurang dari sebulan. Namun pihaknya mengaku persiapan tersebut sudah disesuaikan dengan persiapan PON kemarin yang cukup lumayan panjang, jadi para atlet tinggal tambah mematangkan kemampuannya saja.

 

Sementara itu atlet Jabar yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti kejuaraan dunia tersebut sudah kembali berlatih di daerah dan Pengcabnya masing-masing. Pasalnya, Dalam waktu dekat ini mereka akan mempersiapkan untuk Pekan Olahraga Daerah 2013 di Kabupaten Bekasi.

 

Ika berharap keempat atlet tersebut sebagai wakil dari Jabar bisa membawa nama baik Indonesia, khususnya Jabar dengan memeprlihatkan prestasi terbaiknya di tingkat event bergengsi tingkat dunia tersebut Sementara itu, Sekretaris Umum PB IPSI, Erizal Chaniago menegaskan bahwa, IPSI tidak memasang target khusus pada Kejuaraan Pencak Silat Dunia di Chiang Rai, Thailand, November nanti.

 

"Tidak ada target khusus, kejuaraan itu hanya sebagai bahan evaluasi menghadapi SEA Games 2013 di Myanmar nanti," kata Erizal mengomentari kejuaraan dunia yang berlangsung 18-26 November 2012 itu.

 

Pria yang akrab disapa Ical itu lebih jauh mengatakan, kejuaraan dunia di kota di ujung utara Thailand itu hanyalah salah satu dari rangkaian uji coba sebelum menghadapi SEA Games yang merupakan sasaran utama IPSI.

 

Kegiatan lain yang juga akan dijadikan ajang uji coba adalah Kejuaraan Pencak Silat Mahasiswa ASEAN di Laos pada bulan Desember 2012 mendatang, kejuaraan Belgia Terbuka di bulan Mei 2013 dan terakhir Islamic Solidarity Games Juni 2013 di Pekanbaru.

(hmr)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini