Share

MotoGP dalam Angka

Aditya Putra, Jurnalis · Kamis 18 Oktober 2012 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 18 38 706008 8b2qGsi7sK.jpg Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa menjadi kandidat juara MotoGP tahun ini. (Foto: Reuters)
A A A

SEPANG - Setelah dilangsungkannya MotoGP Jepang akhir pekan lalu, masih ada tiga seri tersisa sebelum musim ini benar-benar berakhir. Pada Jumat (19/10) hingga Minggu (21/10) Malaysia, negara penutup seri MotoGP di Asia akan menggelar perlombaan di Sirkuit Sepang.

Persaingan Jorge Lorenzo-Dani Pedrosa dan momen peringatan satu tahun kepergian Marco Simoncelli merupakan hal yang banyak diperbincangkan sebelum berlangsungnya lomba. Namun, ada juga beberapa fakta menarik yang dirunut dalam angka, sebagaimana dilansir MotoGP.com, Kamis (18/10/2012).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

280 - Casey Stoner mencetak 280 poin saat mengakhiri kompetisi musim 2008, di bawah Valentino Rossi yang akhirnya menjadi juara. Perolehan tersebut merupakan yang tertinggi -di kelas utama, yang didapat pembalap bukan juara dunia. Rekor tersebut akan pecah tahun ini oleh Jorge Lorenzo atau Dani Pedrosa, karena keduanya telah mengumpulkan poin lebih dari 280.

28 - Setelah finis kedua di belakang Pedrosa pada GP Jepang, Lorenzo kini unggul 28 poin di papan klasemen. Pembalap Yamaha tersebut bisa memastikan diri menjadi juara musim ini jika berhasil finis terdepan, sementara Pedrosa finis di posisi 13 atau lebih buruk. Dan, Jika Lorenzo meraih gelar tahun ini, dia akan menjadi pembalap Spanyol pertama yang meraih dua gelar juara dunia -di kelas utama.

22 - Gelaran MotoGP kali ini merupakan yang ke-22 kalinya yang digelar oleh Malaysia. GP pertama Malaysia dilangsungkan di sirkuit Shah Alam pada 1991, dan berlanjut hingga 1997. Pada 1998, GP digelar di Johor, sebelum akhirnya pindah ke Sepang mulai 1999.

20 - Kemenangan Pedrosa di GP Jepang merupakan yang ke-20 sejak ia memulai kariernya di kelas MotoGP. Angka tersebut juga merupakan jumlah podium utama yang diraih Freddie Spencer pada musim-musim di mana ia menjadi juara dunia kelas 500cc.

16 tahun - Sesi kualifikasi yang akan dilangsungkan Sabtu (20/10) bertepatan dengan kemenangan pertama Loris Capirossi di kelas 500cc pada 16 tahun silam. Pada perlombaan di Eastern Creek itu, Capirossi menang setelah Alex Criville bertabrakan dengan pemimpin lomba yang juga juga rekan setimnya, Mick Doohan.

10 tahun - Sesi kualifikasi Sabtu besok juga bertepatan dengan terakhir kalinya kelas utama GP menggunakan motor bermesin dua tak, 10 tahun silam. Saat itu, di GP Australia, Jeremy McWilliams dari tim KR Proton menjadi pembalap terakhir yang start di posisi terdepan. Selain itu, ia juga menjadi pembalap pertama yang start terdepan menggunakan ban Bridgestone.

9 tahun - Honda tidak pernah memenangi MotoGP di Sepang sebelum Valentino Rossi melakukannya dengan mesin 990cc sembilan tahun lalu.

5 - Yamaha menjadi pabrikan tersukses di Sepang (untuk kelas MotoGP), dengan koleksi lima kemenangan. Sementara pembalap Ducati telah melakukannya sebanyak tiga kali berturut-turut dan Honda baru meraih satu kemenangan.

5 - Kemenangan Dani Pedrosa pada GP Jepang lalu merupakan yang kelima musim ini. Hasil tersebut merupakan pencapaian terbaik Pedrosa dalam satu musim sejak bergabung dengan kelas MotoGP pada 2006 silam.

3 - Pada perlombaan GP Jepang lalu, tiga pembalap yang berhasil naik podium sama-sama berasal dari Spanyol. Hal tersebut merupakan yang pertama kali terjadi selama 64 tahun penyelenggaraan Grand Prix.

(fit)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini