Share

Berpulangnya Si Pencetak Bintang Adu Jotos

Randy Wirayudha, Jurnalis · Jum'at 26 Oktober 2012 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 26 41 709681 bTbYqY46bZ.JPG Emanuel Steward (kanan) (Foto: AP)
A A A

CHICAGO – Dunia tinju di seantero bumi tengah berduka. Legenda petinju dan juga pelatih, Emanuel Steward, telah berpulang ke Sang Pencipta di usia 68 tahun. Pelatih yang melegenda itu meninggalkan kenangan terdalam di antara para anak didiknya yang sudah bersinar.

 

Diane Steward-Jones, adik Emanuel, mengumumkan kematian Steward semalam waktu setempat, di sebuah rumah sakit kota Chicago, usai menjalani operasi diverkulitis di organ perutnya. Mantan petinju yang terakhir mengasuh Wladimir Klitschko itu bakal dirindukan dunia tinju, berkat hasil didikannya yang banyak menghiasi olahraga adu jotos itu di berbagai kelas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

“Dia sudah tiada – kini dia sudah pulang (ke rumah Tuhan). Tak ada rasa sakit yang dirasakannya. Dia punya cinta untuk kami semua. Dia selalu memberikan yang terbaik, tapi kini dia sudah dipanggil menghadap Yang Kuasa,” ungkap Diane, seperti disadur talkSPORT, Jumat (26/10/2012).

 

Sejak beralih menjadi pelatih, tak terhitung berapa banyak petinju tersohor yang berasal dari polesan tangan dinginnya. Sebut saja Naseem Hamed, Lennox Lewis, Oscar de la Hoya, Evander Holyfield, Julio César Chávez dan Wladimir Klitschko.

 

Data Diri Emanuel Steward:

Nama Lengkap: Emanuel Steward

Nama Panggilan: Manny

Lahir: Bottom Creek (Virginia Barat), 7 Juli 1944 Wafat: Chicago (Illinois), 25 Oktober 2012

 

Karier Tinju:

Pertarungan: 97

Menang: 94

Kalah: 3

Imbang: 0

 

Penghargaan:

- International Boxing Wall of Fame

- World Boxing Wall of Fame

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini