Share

"Gelar Juara Milik Armstrong Takkan Dialihkan"

Muhammad Indra Nugraha, Jurnalis · Minggu 28 Oktober 2012 20:11 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 28 43 710254 1e4CxcWJsX.jpg Lance Armstrong. (Foto: Reuters)
A A A

AUSTIN - Federasi Balap Sepeda Dunia (UCI) menegaskan bahwa tujuh gelar Tour de Fance miliki Lance Armstrong takkan dialihkan ke pembalap lain. Hal ini terkait pencopotan gelar Armstrong usai dinyatakan positif menggunakan doping.

Seperti diketahui, pencopotan gelar Armstrong dipilih setelah meratifikasi rekomendasi 1.000 halaman dari Badan Anti Doping Amerika Serikat (USADA). Prestasinya sejak 1995-2005 didapatnya dengan cara kotor.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Oleh karena itu, UCI menarik gelar miliknya. Namun, UCI juga menegaskan bahwa gelar yang pernah didapatkan pembalap sepeda berusia 41 tahun tersebut takkan pindah ke pembalap lain.

"Komite manajemen memutuskan tidak mengalihkan gelar kemenangan ini ke pebalap sepeda lainnya,” demikian pernyataan UCI, seperti dilansir BBC.

''Awan kecurigaan masih akan terus menggantung di periode gelap ini. Meski ini mungkin terlihat keras bagi mereka yang membalap dengan bersih, mereka akan memahami ada kebanggaan kecil yang bisa dicapai dari realokasi,” lanjutnya.

UCI sendiri meminta Arsmstrong dan para pembalap yang positif menggunakan doping untuk mengembalikan hadiah uang dari periode kemenangan yang dicapai, dan melakukan penyelidikan independen skandal Armstrong.

USADA menyebut bahwa tindakkan yang dilakukan oleh Armstrong bersama timnya, disebut telah melakukan program doping tercanggih, profesional dan tersukses dalam sejarah olahraga.

Sebelumnya, sponsor-sponsor pribadi Armstrong, seperti Nike dan produsen kacamata Oakley misalnya, sudah hengkang duluan. Selain itu, sponsor lainnya seperti SCA Promotions berencana meminta Armstrong mengembalikan bonus sebesar 4,7 juta juta pounds.

(min)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini