Share

Chessboxing: Peras Otak, Setelah Itu Adu Jotos

Fitra Iskandar, Jurnalis · Senin 29 Oktober 2012 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 29 433 710578 kNYZguJgxs.png (WCBO)
A A A

Olahraga apa yang memadukan intelegensia dan kekuatan? Sepakbola, bola voli, bulutangkis,golf, dll? Bisa jadi. Jawabannya bisa beragam tergantung pengalaman dan subjektifitas masing-masing. Tapi olahraga yang satu ini nampaknya paling sulit didebat sebagai olahraga yang paling kental memadukan unsur intelegensi dan kekuatan. Chessboxing (catur tinju).

 

Seperti namanya, catur tinju, ya bermain catur ya bertinju juga. Pertandingannya dilakukan dengan bermain catur, seperti yang dilakukan jagoan catur Indonesia Utut Adianto, atau legenda catur dunia Garry Kasparov. Kemudian setelah bermain menghadapi papan catur, dua atlet yang bertanding diadu di atas ring untuk pukul-pukulan, persis seperti yang dilakukan Mike Tyson atau Muhammad Ali.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

“Slogan kami adalah pertarungan berakhir di ring dan perang berkobar di atas meja. Dengan slogan ini kami ingin mempromosikan manajemen agresi. Perkelahian dilakukan di atas ring dengan berbagai peraturan yang adil, dan di sana ada wasit. Perang berkobar di atas meja, bukan dalam dunia nyata,” tulis WCBO, Organisasi Chessboxing Dunia dalam situsnya.

 

Olahraga ini diciptakan seorang artis Belanda Iepe Rubingh pada 1992. Dia terinspirasi dengan buku komik Prancis, Froid Equateur karya kartunis Prancis Enki Bilal. Froid Equateur menceritakan chessboxing di London pada 1978 yang dilakukan dua bersaudara Stewart dan James Robinson.

 

Namun Rubingh mengubah sedikit aturan mainnya. Bila dalam Froid Equateur, pertandingan chessboxing dimulai dengan bertinju dulu kemudian bermain catur, Rubingh membaliknya, bermain catur dulu baru bertinju. Menurutnya tidak mungkin setelah pukul-pukulan orang kemudian disuruh berpikir.

 

Olahraga ini kemudian berkembang terutama di Eropa seperti di Berlin dan London. Tapi belakangan, pertandingan chess boxing semakin digandrungi dan merambah kota-kota besar dunia. Los Angeles, Tokyo, Nantes, Reykjavik (Islandia), Amsterdam, Calcutta, dan Krasnoyarsk di Rusia beberapa kali menggelar pertandingan chessboxing.

 

Tidak sembarangan atlet bisa diakui sebagai prosesional. Untuk menjadi atlet chessboxing andal, seorang atlet harus jago bertinju dan punya rekam jejak bagus sebagai pecatur.

 

Atlet kelas dunia tidak hanya harus memiliki pengalaman tinju, tapi dia adalah pecatur kelas A dunia. Nikolai Sazhin, misalnya, dia memiliki Elo rating sebanyak 1900, sementara Tihomir Atanassov Dovramadjiev, adalah pemegang gelar FIDE Master dengan rating di atas 2300, dan pernah tampil sebagai juara di kejuaraan-kejuaraan catur. Sementara GM Arik Braun, juga bertarung di Chessboxing. Arik Braun juga bukan pecatur kelas kecamatan, karena memiliki skor 2557 FIDE.

 

Sebagai gambaran Elo rating merupakan rating pecatur yang dikeluarkan oleh Organisasi Catur Dunia (FIDE). Rating tertinggi pernah dipegang Garry Kasparov yang sudah mengundurkan diri pada 2005 lalu, rating 2841. Pecatur nomor satu dunia sekarang dipegang Magnus Carlsen, pecatur Norwegia dengan rating 2843.

 

Nah bagaimana aturan mainnya? Chessboxing dilangsungkan dalam 11 ronde. Pertama, enam ronde catur, dengan masing-masing empat menit lamanya, dan kemudian ditambah lima ronde tinju dengan masing-masing ronde digelar selama tiga menit. Setiap ronde diselingi break selama satu menit.

Saat dalam ronde catur,peraturan catur cepat (fast chess) dipakai, atlet hanya memiliki total waktu 12 menit untuk menjalankan biduk.Waktu setiap pemain diukur dengan jam catur.

 

Kemudian, pemenangnya bisa ditentukan bila bisa menghajar KO lawan, tentunya saat ronde tinju. Melakukan skak mat, atau lawan melewati batas waktu dalam catur, atau lawan menyerah.

Jika seimbang, maka angka dalam pertandingan tinju akan menentukan siapa yang keluar sebagai pemenang. Tapi jika skor tinju juga sama kuat, maka pemain yang memegang biduk hitam yang jadi pemenang.

 

Aturan lainnya yang diterapkan ialah,selama pertandingan catur para pemain mengenakan headphone untuk menghindari gangguan komentar catur.

 

Setelah WCBO berdiri pada 2006, organisasi ini rutin menggelar even-even resmi. Dalam setahun tiga sampai empat kejuaraan digelar. Sebagai tambahan, sejumlah kota besar juga menggelar even-even lokal dan event promo.

 

Untuk menjadi anggota chessboxing, WCBO memberikan syarat, calon atlet harus berusia dia bawah 35 tahun, dan punya kondisi fisik yang bagus. Selain itu, minimal punya pengalaman dalam 20 pertandingan tinju dan ranking ELO tidak boleh dibawah rating 1800. Tapi kalau pun tidak punya ranking di organisasi catur, baik internasional maupun nasional, WCBO masih punya jalan keluar.Mereka memiliki trainer yang siap menguji kehebatan catur anda secara online.

 

“Tujuan utama menyebarkan chessboxing selain sebagai disiplin diri, juga agar diakui sebagai cabang olahraga secara internasional. Selain itu, kami juga mendukung inisiatif untuk memulai klub chessboxing nasional dan luar negeri. Tentu saja, akhirnya kita berharap chessboxing suatu hari nanti akan masuk dalam Olimpiade,” begitu pernyataan WCBO.

 

Cabang olahraga ini juga ternyata tidak diharamkan bagi kaum hawa. WCBO mengklaim para wanita menganggap chessboxing adalah seksi. Mereka menyenangi kombinasi antara dua disiplin, atau lebih. WCBO optimistis bisa menggelar pertarungan pertama di kelas wanita dalam waktu dekat, sebab banyak perempuan yang sudah mengajukan diri untuk menjajal olahraga yang memadukan kekuatan otak dan otot tersebut.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini