Share

Button: Ban 2013 Lebih 'Bersahabat'

Achmad Firdaus, Jurnalis · Sabtu 23 Februari 2013 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2013 02 23 37 766519 WynxefAQL5.jpg Jenson Button (Foto: Reuters)
A A A

WOKING - Jenson Button memberikan pujiannya terhadap kinerja Pirelli dalam menyiapkan ban yang akan digunakan para pembalap di kompetifi Formula One 2013. Menurut driver andalan McLaren, karakter ban untuk musim depan lebih ‘bersahabat.’

Pirelli diketahui telah melakukan berbagai terobosan untuk menciptakan ban yang ideal untuk balapan musim depan. Langkah ini diambil produsen yang berbasis di Italia ini, menyusul beragam kritikan yang disuarakan pembalap terkait performa ban musim lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ya, mayoritas pembalap mengeluhkan performa ban Pirelli di musim lalu yang dianggap memiliki tingkat degradasi yang tinggi. Simpelnya, performa ban musim lalu sangat mudah terkikis sehingga pembalap harus pintar-pintar menjaga kinerja ban.

Nah, untuk musim 2013 nanti Pirelli sudah melakukan beragam terobosan baru. Ban untuk 2013 juga sudah mulai digunakan pada sesi pra-musim resmi F1. Meski masih ada keluhan dari sejumlah pembalap, namun bagi Button, performa ban Pirelli sudah lebih baik dari musim lalu.

“Tahun ini akan lebih sulit dari musim lalu, dalam hal persaingan. Tapi, dari segi ban, saya rasa lebih mudah. Sekarang, Anda sudah bisa memperkirakan kapan ban akan mulai aus,” ujar Button dikutip Autosport.

“Tahun lalu, ada beberapa tim yang mampu memaksimalkan kinerja ban, tapi mereka tidak tahu mengapa. Itu semua karena (setelan) mobil mereka cocok dengan ban. Kami sendiri butuh enam atau tujuh bulan untuk bisa memahami karakter ban. Tapi, untuk saat ini karakter ban lebih mudah dipahami sehingga lebih mudah bagi kami untuk memprediksi balapan,” pungkas juara dunia 2009 ini.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini