Share

Indonesia Harus Contoh Spirit Sumo

Auzan Julikar Sutedjo, Jurnalis · Jum'at 19 April 2013 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 19 43 794239 lIezxZoIDO.jpg Kosaku Satoyama dan Takayuki Minami tengah memeragakan sumo/Auzan
A A A

JAKARTA – Sumo merupakan olahraga tradisional Jepang yang telah bertahan selama 1.000 tahun. Indonesia harus mencontoh spirit sumo tersebut karena begitu banyak olahraga tradisional yang terdapat di Tanah Air.

 

Hal tersebut diutarakan oleh Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Jepang Rahmat Gobel di Jakarta pada Kamis (18/4). Dalam rangka 55 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang, turnamen sumo internasional akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada 24-25 Agustus mendatang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Tidak seperti judo, kempo dan karate—olahraga tradisional Jepang yang berkembang di Indonesia, sumo tidak ada di luar Negeri Sakura. Hanya beberapa negara Eropa Timur yang menggeluti sumo.

 

Rahmat Gobel mengatakan turnamen sumo mendatang merupakan momen bagi Indonesia. Momen yang dimaksud bukan mengembangkan olahraga sumonya melainkan mempelajari spirit yang terkandung di dalamnya.

 

“Sumo tidak ada di luar Jepang. Di Indonesia bukan sumonya yang dibangun tapi mengambil spirit bagaimana melestarikan olahraga tradisional yang begitu banyak di Tanah Air agar bertahan lebih dari 1.000 tahun seperti itu,” kata Gobel.

(auz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini