Share

Rekor yang Dipecahkan Marquez

Hendra Mujiraharja, Jurnalis · Rabu 01 Mei 2013 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 01 38 800579 Cb9BTvBmed.jpg Marc Marquez. (Foto: Reuters)
A A A

JEREZ – Marc Marquez baru dua kali mengikuti balapan di MotoGP kelas utama. Namun, pembalap debutan Repsol Honda itu telah memecahkan berbagai rekor. Hebatnya, Marquez bisa membuat rekor baru saat mengikuti balapan di MotoGP Jerez, pekan ini.

 

Diketahui, juara Moto2 musim lalu itu belum pernah gagal naik podium sejak pertama kali melakukan debut di MotoGP kelas utama. Setelah itu, Marquez menjadi pembalap termuda yang berhasil merebut posisi terdepan di sesi kualifikasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Pembalap asal Spanyol itu memecahkan rekor mantan pembalap Freddie Spencer. Saat itu, Spencer menjadi pembalap termuda yang meraih waktu tercepat di sesi kualifikasi dengan usia 20 tahun dan 196 hari. Sedangkan Marquez menyabet pole position dengan usia 20 tahun dan 63 hari.

 

Marquez juga menjadi pembalap termuda yang pernah memenangi tiga kelas berbeda. Marquez mematahkan rekor rekan setim Dani Pedrosa, yang melakukannya di MotoGP Cina. Satu-satunya rekor yang tidak dapat dipecahkan Marquez adalah tidak mampu memenangi balapan pada saat melakukan debut, yang mana mampu dilakukan oleh Max Biaggi di Suzuka, 1998 silam.

 

Rekor yang dipecahkan Marquez:

 

-Marquez menjadi pembalap pertama yang selalu naik podium sejak memutuskan untuk promosi ke kelas utama MotoGP. Dia menyamai rekor yang pernah dilakukan Jorge Lorenzo musim 2008.

 

-Marquez juga menjadi pembalap termuda yang mampu memimpin klasemen (meski saat ini perolehan poinnya sama dengan Lorenzo). Kedua pembalap sama-sama meraih satu kali kemenangan dan satu kali naik podium di posisi ketiga.

 

-Pembalap termuda yang back-to-back naik podium. Kali ini, Marquez berhasil mematahkan rekor yang dilakukan mantan pembalap Randy Mamola, yang berhasil melakukan hal serupa di Paul Ricard musim 1980.

 

-Marquez juga menjadi pembalap termuda yang mampu mencatatkan waktu tercepat. Lagi-lagi, Marquez mematahkan rekor Spencer yang berhasil menjadi pembalap dengan catatan waktu tercepat di MotoGP Misano musim 1982.

 

Selain itu, Marquez juga bisa membuat rekor baru di Jerez yakni:

 

-Pembalap termuda yang mampu meraih kemenangan back-to-back di kelas utama

-Pembalap termuda yang mampu meraih pole position di kelas utama

-Pembalap termuda yang mampu naik podium tiga kali secara beruntun

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini