Share

Vettel: Bukan Kami Saja yang Mengeluh

Muhammad Indra Nugraha, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2013 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 23 37 811716 S3fgSDFq6h.jpg Sebastian Vettel. (Foto: Reuters)
A A A

MONACO - Sebastian Vettel merasa kesal akan pemberitaan tentang timnya yang seolah-olah banyak mengeluh pada musim ini. Hal ini terkait, keluhan Red Bull akan kualitas ban Pirelli yang mudah terdegradasi.

Seperti diketahui, Red Bull memang menjadi tim yang paling cerewet akan kondisi ban Pirelli yang menjadi pemasok dalam balapan Formula One di beberapa seri awal. Puncaknya terjadi pada seri GP Spanyol di Catalunya,  di mana performa ban memaksa pembalapnya hingga melakukan empat kali pit stop di balapan tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Alhasil, Pirelli pun melakukan perubahan pada struktur ban di GP Kanada pada 9 Juni mendatang. Akan tetapi, keputusan tersebut malah menimbulkan kontroversi karena banyak pihak yang menilai bahwa keputusan itu hanya menguntungkan Red Bull saja.

Terkait hal tersebut, Vettel mengatakan bahwa ada beberapa pembalap dan tim lain yang merasakan sama seperti timnya dalam acara briefing jelang balapan di GP Monaco, akhir pekan nanti. Oleh karena itu, Vettel menilai bahwa timnya hanya dimanfaatkan sebagai jualan dari pihak media saja.

"Saya pikir kalian tidak punya alternatif lain untuk memilih antara Red Bull dengan Marussia terkait masalah ini. Anda pasti lebih ingin memberitakan keluhan yang disampaikan Red Bull ketimbang tim lain," ungkap Vettel seperti dilansir Planetf1, Kamis (23/5/2013).

"Kini, pemberitaan di media seakan-akan bahwa Red Bull yang selalu mengeluh dengan kondisi ban. Padahal, pada umumnya saya mendengar suara sumbang itu dari pembalap lain juga saat menghadiri pertemuan bersama seluruh pembalap. Di sana, mereka menceritakan semuanya,” sambungnya.

Jawara bertahan F1 ini juga mengatakan bahwa Lotus juga kecewa akan performa ban. Namun, Vettel menilai kubu Lotus tidak melontarkan keluhan karena permasalahannya tidak serumit Red Bull.

"Anda pasti berpikir bahwa Lotus Renault yang mengklaim sudah memiliki mobil yang cepat di balapan tahun ini mengesampingkan masalah ini. Padahal, mereka mengalami kondisi yang sama seperti yang dialami oleh kami. Namun tingkat kesulitan yang dihadapinya rendah, sehingga tidak ada yang dapat mengeluh," paparnya.

(min)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini