Share

Mugello dalam Angka

Randy Wirayudha, Jurnalis · Kamis 30 Mei 2013 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 30 38 815171 66aUgcgyJW.jpg Mugello akan jadi tuan rumah para joki jempolan lagi akhir pekan ini (Foto: MotoGP.com)
A A A

FIRENZE – Akhir pekan ini, gelaran pacuan kuda besi MotoGP kembali ke kawasan Tuscany bertajuk Gran Premio d’Italia di sirkuit Mugello – salah satu arena iconic sepanjang sejarah MotoGP. Seri kelima atau ketiga di Eropa ini dikenal pula disukai sejumlah rider unggulan.

 

Tak pelak, Mugello pun meninggalkan sejumlah catatan dari para joki yang masih berkutat, baik di kelas Moto3 hingga kelas tertinggi – MotoGP 1000cc, serta para pembalap yang sudah berstatus ‘purnawirawan’. Berikut sejumlah catatan yang pernah terjadi di Mugello dan terangkum dalam angka:

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

4 – Di sesi free-practice pertama esok hari, akan bertepatan dengan kenangan empat tahun Casey Stoner memberi kemenangan untuk pabrikan Italia, Ducati pada 2009 lalu. Kemenangan itu masih menjadi kemenangan satu-satunya Ducati di seri kandang.

 

5 – Untuk pertama kalinya dalam lima tahun belakangan, rider Honda Repsol, Dani Pedrosa akan menyongsong seri Mugello sebagai pemuncak klasemen sementara. Terakhir kali Pedrosa berada di pucuk klasifika, terjadi jelang GP Belanda di seri Assen musim 2008 silam.

 

6 – Masih terkait Pedrosa, sebelum menginjak Mugello, Pedrosa memenangkan seri Le Mans dari starting grid keenam – posisi terendah di mana seorang pembalap sanggup memenangkan race. Terakhir kali pembalap yang mampu melakukan hal serupa hanya Valentino Rossi di grid yang sama pada seri Sepang 2010 lalu.

 

7 – Sang juara bertahan, Jorge Lorenzo, harus membawa bekal hasil minor di Le Mans sebelum menjelang Mugello. Rider Yamaha Factory itu untuk pertama kalinya finis di posisi terburuk – ketujuh di kelas MotoGP. Terakhir kali Lorenzo meraih hasil negatif terjadi 2008 lalu saat finis kedelapan pada debut musimnya sebagai rookie.

 

15 – Pada sesi latihan perdana seri Mugello besok, akan bertepatan pada momen 15 tahun di mana legenda Alex Criville memenangkan GP Prancis 1998 sekaligus menjadi pembalap Spanyol pertama yang sanggup mendaki puncak klasemen di kelas 500cc.

 

23 – Beralih ke kelas Moto2, nama Xavier Simeon akan berstatuskan pembalap Belgia pertama dalam 23 tahun yang datang ke Mugello sebagai pemijak podium di seri sebelumnya – Le Mans. Joki Belgia terakhir yang sanggup mendaki podium dalam satu seri, mencatatkan nama Didier da Radigues pada GP Belgia 1990 lalu di sirkuit Spa-Francorchamps.

 

26 – Pada seri kualifikasi Mugello Sabtu mendatang, bertepatan dengan hari bahagia Bryan Staring, yang akan merayakan hari lahirnya yang ke-26. Sementara pada sesi race di hari Minggu, giliran joki Moto3, Alexis Masbou yang juga merayakan hari ulang tahunnya di usia yang sama.

 

60 – Menjelang Mugello, Dani Pedrosa membawa bekal sembilan kemenangan dari 15 seri terakhir – termasuk musim lalu dengan diwakili persentase kemenangan 60 persen. Enam seri lainnya dimenangkan Lorenzo (3), Stoner (2) dan Marc Márquez (1).

 

83 – Sebelum menatap seri kelima GP Italia, Dani Pedrosa sudah mengoleksi 83 poin dari empat seri pertama musim ini. Awal musim terbaik bagi kampanyenya semenjak promosi ke kelas MotoGP 2006 lalu. Raihan terbaik Pedrosa sebelumnya di empat seri hanya berhenti pada titik 81 poin di musim 2008.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini