Share

Pemerintah Gelar Pospenas VI di Gorontalo

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Senin 10 Juni 2013 00:38 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 10 2 819374
A A A

JAKARTA - Kementerian Agama bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat akan menyelenggarakan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke VI di Provinsi Gorontalo.

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali (SDA) mengatakan, menyebarnya keberadaan pesantren saat ini, tentunya menjadi perhatian pemerintah. Karena banyaknya potensi yang dimiliki pesantren mulai dari para santri, pengembangan ajaran agama Islam, kreativitas, seni, dan perekonomian.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Suryadharma menjelaskan, diselenggarakanya Pospenas menjadi bukti pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang beriman dan bertaqwa. Kemudian sehat jasmani dan rohani, berkualitas serta mampu untuk berdaya saing baik nasional dan internasional. Selain itu meningkatkan pembinaan dan pengembangan olahraga dan seni pada generasi muda.

"Melihat modal yang dimilki oleh SDM para pesantren tentunya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan Pemda untuk menggali itu,"ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (9/6/2013).

Menurutnya, Pospenas menjadi potensi untuk para ulama, olahragawan, dan pengembang perekonomian dalam kreativitas seni.

" Walaupun tidak kurang, masih terdapat beberapa pesantren bertahan dalam keterbatasan salah satunya fasilitas," tukasnya.

Sebelumnya, Pospenas juga pernah diselenggarakan di Pesantren Az-Zaitun Indramayu Jawa Barat, Palembang Sumatera Selatan, Medan Sumatera Utara, Samarinda Kalimantan Timur, dan Surabaya Jawa Timur. Pospenas VI ini akan berlangsung selama 7 hari, mulai dari tanggal 24 – 30 Juni 2013.

Event tiga tahunan ini aka diiikuti para santri utusan dari 33 provinsi, Pospenas akan dibuka pada 24 Juni oleh Menkokesra Agung Laksono dan juga dihadiri oleh Menteri Agama Suryadharma Ali dan Gubernur Gorontalo.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini