Share

Serena Salahkan Korban Pemerkosaan Steubenville

Randy Wirayudha, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2013 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 19 44 824237 Vk2WJYcI33.jpg Massa menuntut keadilan terhadap kasus pemerkosaan Steubenville dan meminta sejumlah pihak tak serta-merta menyalahkan si korban (Foto: ist)
A A A

LONDON – Serena Williams belakangan muncul jadi topik pembicaraan di Amerika Serikat. Bukan terkait prestasinya di lapangan tenis, melainkan komentar kontroversialnya terhadap kasus pemerkosaan Steubenville yang beberapa waktu lalu menjadi kasus besar di media negeri Paman Sam itu.

 

Bukannya bersimpati, petenis ranking satu dunia itu malah terdengar menyalahkan si korban, seorang gadis berusia 16 tahun yang menerima pelecehan seksual dan diperkosa sejumlah pemain football America tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), dalam keadaan mabuk berat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Para pelaku kabarnya sudah diringkus pihak kepolisian setempat dan dijerat hukuman berat. Namun Serena punya pandangan lain. Adik kandung Venus Williams itu menyatakan seharusnya sang gadis sudah harus mawas diri dan tak ceroboh didekati para pria yang tak dikenalnya.

 

“Anda pikir hukuman (para pelaku) itu adil? Mereka memang melakukan tindakan bodoh. Saya bukan bermaksud menyalahkan sang gadis, tapi jika Anda berusia 16 tahun dan mabuk seperti itu, seharusnya orang tua sudah mengajarkan: ‘jangan menerima minuman dari orang lain’,” tutur Serena.

 

“Si korban baru 16 tahun, kenapa juga dia bisa mabuk di tempat yang tak bisa dikenalinya? Tindakan terhadapnya bisa saja lebih buruk. Dia beruntung,” sambungnya seperti disadur TheHuffingtonPost, Rabu (19/6/2013).

 

“Yang pasti, mungkin dia sudah bukan lagi perawan, tapi dia seharusnya tak mengondisikan diri dalam posisi itu, kecuali para pelaku sengaja membuatnya tak sadarkan diri, maka situasinya akan berbeda,” tutup salah satu pemegang saham klub NFL, Miami Dolphins tersebut.

 

Jelas komentarnya yang dirasa menyakiti sang korban itu mengundang kecaman dari para fans dan terutama di jejaring sosial twitter. Sejumlah pengguna mengaku kecewa dan balik mengkritik Serena:

 

@JamilSmith Hentikan komentar @serenawilliams atau diskusi pemerkosaan lainnya: “Saya tidak menyalahkan si korban, tapi…” tutup mulut Anda, berhenti sampai di situ. Tidak ada “tapi”.

 

@jemelehill Untuk pertama kalinya saya amat kecewa dengan Serena Williams

 

@afbwoman Kata-kata Anda, @serenawilliams, Anda menyamakan diri Anda dengan para pemerkosa hari ini dan menghancurkan hati para korban perkosaan di mana-mana. Saya berharap Anda membenarkan kekeliruan Anda.

 

@Mengus22 Kami tak butuh para wanita yang menyalahkan korban. Ya Tuhan, apakah Serena Williams sudah gila?

 

@ShelbyKnox Serena Williams, Anda adalah dewi tenis, tapi Anda menyalahkan korban @Steubenville? TIDAK!!!.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini