Share

WKF 2013, Ajang Seleksi SEA Games

Anang Fajar Irawan, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2013 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 20 43 825113 cukqkFtc9h.jpg Ketua FORKI Hendardji Supandji (tengah) jelang digelarnya turnamen WKF 2013 (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA – Indonesia akan menggelar kejuaraan Karate bertajuk World Karate Federation (WKF) Premier League 2013 pada 22-23 Juni mendatang. PB FORKI menjadikan ajang ini sebagai persiapan untuk mengasah kemampuan para atlet sebelum tampil di SEA Games 2013, akhir tahun ini.

Dalam konferensi pers yang digelar di Ruang Cempaka 1, Istora Senayan, Kamis (20/6), Ketua Umum PB Forki, Hendardji Soepandji menjelaskan teknis acara yang akan diikuti oleh 28 negara tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Saat ini semua kontingen sudah hadir. Semua sudah siap tanding. Hari ini dan besok, kami juga menggelar pelatihan atau seminar perwasitan dipimpin oleh dewan wasit dunia (yang juga ketua dewan wasit eropa), seminar ini diikuti 24 negara," kata Hendardji, Kamis (20/6/2013).

Dalam seminar tersebut, para calon wasit akan dibekali pengetahuan berupa teori dan praktek. Proses seleksi akan dilakukan, dan bagi yang lolos akan memimpin jalannya pertandingan.

Dari semua negara yang hadir, dua negara absen, yakni Jepang dan Iran. Iran tidak ikut serta dikarenakan sedang dalam kondisi negara yang baru saja mengadakan pemilu.

Sedangkan untuk Jepang, hingga saat ini belum memberikan konfirmasi keikutsertaan sehingga dianggap absen. Dengan tidak adanya Jepang, akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Karena dengan begitu, akan semakin mempermudah langkah Indonesia untuk memperbaiki ranking dunia.

Hendardji menegaskan, kejuaraan ini digunakan sebagai ajang seleksi SEA Games guna mencari komposisi terbaik atlet Indonesia yang akan tampil membela Merah Putih di Myanmar, akhir tahun nanti.

Hendardji juga mengatakan, event akbar tingkat dunia ini bukan akhir dari aktifitas turnamen. Justru dengan adanya event bertaraf internasional ini, sebagai pembuktian untuk menggelar event-event berikut.

Selepas digelarnya WKF 2013, karate Indoneisa akan terus ikut serta dalam setiap kejuaraan, seperti ISG dan berbagai kompetisi di eropa.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini