Share

Renault Pamer Mesin Turbo untuk 2014

Muhammad Indra Nugraha, Jurnalis · Rabu 26 Juni 2013 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 26 37 827998 XLnPMWdt7Q.jpg Salah satu bagian mesin Energy F1-2014. (Foto: Formula1)
A A A

PARIS - Renault yang memasok mesin kepada beberapa tim di Formula One (F1) mulai memamerkan gambar-gambar mesin terbarunya untuk musim balapan 2014. Pelopor mesin turbo pada era awal 1980-an ini menamakan mesin barunya, Energy F1-2014.

Seperti diketahui, F1 pada musim depan akan melakukan perubahan dalam regulasi mesin dengan menghentikan pemakaian mesin 2,4 liter konfigurasi V8 dan putaran maksimum 18.000 per menit (rpm) akhir musim ini. Sebagai penggantinya ada mesin 1,6 liter V6 dengan putaran 15.000 rpm.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mesin terbaru Renault sendiri diklaim bakal memiliki kekuatan 600 tenaga kuda disertai sistem pemulihan energi atau ERS system yang akan memberi tenaga tambahan sebanyak 160 tenaga kuda lagi. Sistem tersebut bakal mengubah energi panas dari knalpot dan pengereman menjadi sumber tenaga tambahan.

Direktur pelaksana Renault, Rob White, menilai suara dari mesin terbarunya bakal tetap menggelegar. "Ini akan membangunkan Anda dari tidur. Para tetangga dekat sirkuit masih tetap akan mengeluh,” katanya.

Sementara itu, Alain Prost yang pernah juara dunia F1 sebanyak empat kali dan kini menjadi duta tim Renault menambahkan. "Mulai 2014, kita akan membawa mesin ke depan dan memperbaiki keseimbangan di F1. Mesin merupakan sebuah jantung di mobil, dan tahun depan kita kembali ke jantung sport.”

Musim ini, Renault menjadi pemasok mesin bagi tim Red Bull, Lotus, dan Williams yang pada musim depan pindah ke Mercedes. Namun pada musim depan, Toro Rosso bakal menjadi tim baru yang disuplai oleh Renault.

(min)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini