Share

FIA Konfirmasi Aturan Tes di Silverstone

Muhammad Indra Nugraha, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2013 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 10 37 834915 HRrN5NMnIe.jpg Kondisi pecah ban yang menimpa Felipe Massa. (Foto: Reuters)
A A A

SILVERSTONE - Federasi Otomotif Internasional (FIA) telah mengonfirmasi aturan yang akan diberlakukan pada tes di Sirkuit Silverstone, pekan depan. Di mana para pembalap utama dilibatkan dalam tes ban kali ini.

Tes akan berlangsung sesuai jadwal semula, yaitu 17-19 Juli 2013. Namun, menyusul insiden di GP Inggris maka pembalap utama akan diikutsertakan dalam tes kali ini dan khusus untuk ban baru Pirelli saja, sedangkan para pembalap muda tetap menjalankan program sesuai rencana tim masing-masing.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ban yang akan diuji coba nanti adalah spesifikasi baru dari Pirelli untuk sisa musim ini. Nantinya, pemasok ban tunggal di ajang Formula One ini akan mengawinkan antara konstruksi 2012 dengan kompon ban 2013.

Pirelli akan menyediakan dua jenis kompon, yakni tiga set ban keras dan dua set ban medium untuk setiap mobil. FIA sendiri akan menghadiri langsung tes tersebut demi tak ada yang melanggar peraturan.

"Pengumuman ini mengikuti pertemuan Komite Sporting F1 pada Rabu 3 Juli di Nürburgring, sebelum Grand Prix Jerman," tulis pernyataan FIA dikutip oleh EspnF1, Rabu (10/7/2013).

"Kondisi yang ditetapkan sesuai dengan Pasal 22.4 (h) (i) Peraturan Sporting F1, sebagaimana telah diubah terakhir dengan World Motor Sport Council, adalah sebagai berikut:

"Para Pengemudi Muda Uji Pelatihan akan tetap tes tiga hari, dari 17-19 Juli. Hanya 2.012 konstruksi akan digunakan untuk pengujian tetapi dengan keras, sedang dan kompon lunak 2013.”

"Tes sekarang akan memungkinkan tim untuk menurunkan pembalap utama yang telah berkompetisi di lebih dari dua acara Kejuaraan Dunia F1 asalkan tujuan mereka melakukan ini adalah untuk menguji ban Pirelli saja”

"Dalam rangka untuk memenuhi persyaratan ini, semua tim harus memastikan bahwa setiap perubahan yang dibuat untuk mobil pada saat-saat yang eksklusif berhubungan dengan tes ban yang ditetapkan dalam rencana jangka disediakan oleh Pirelli.”

Sebagai catatan, meskipun FIA mengizinkan pembalap utama untuk berpartisipasi, namun masing-masing hanya diperbolehkan melakukan uji coba selama satu hari dengan total kuota jarak yang ditentukan. Konsekuensinya, tim peserta boleh membagi dua kuota jarak yang bagi para pembalap utama di dua hari yang berbeda.

(min)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini