Share

Rossi, Crutchlow & Marquez Bicara "Waterfall" Section

Randy Wirayudha, Jurnalis · Minggu 14 Juli 2013 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 14 38 836708 xAaMZMAQpR.jpg Andrea Dovizioso, salah satu korban turn 11 "waterfall" di sesi latihan sebelumnya (Foto: Crash)
A A A

HOHENSTEIN-ERNSTTHAL – Trek di Sachsenring punya satu section yang terbilang unik, menarik, menantang namun cukup berbahaya. Titiknya ada di belokan ke-11 dan acap memakan korban para joki kuda besi yang tak konsentrasi penuh saat melahapnya.

 

Titik di seksi itu juga sering mendapat julukan “Waterfall” atau air terjun dari beberapa rider MotoGP. So far selama sesi latihan hingga kualifikasi kemarin, sekira empat pembalap turut jadi korban, sebut saja Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, Cal Crutchlow dan Hector Barberá.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Sedianya karakter belokan ke-11 itu cukup menantang dan diakui oleh beberapa pembalap. Namun karakter belokan ke kiri yang menurun ini lebih dulu harus melewati beberapa kali belokan ke kiri. Sisi ban kanan pun “adem” lantaran terus menikung ke kiri.

 

Tapi ketika masuk ke belokan ke-11 yang menukik tajam ke kanan (waterfall), grip sisi ban kanan pun belum cukup panas untuk mencenkeram. Itu alasannya banyak rider yang selip dan jatuh. Wacana untuk mengubah section itu pun mengudara, namun tentu diikuti beberapa pro dan kontra seperti yang diungkapkan tiga pembalap di bawah ini, seperti disadur Crash, Minggu (14/7/2013):

 

Valentino Rossi (Yamaha Factory)

Buat saya perubahan layout trek akan lebih sulit ketimbang menyesuaikan ban depan. Tapi itu hanya sebagai opsi. Bagaimanapun dirubah, belokannya pasti akan lebih buruk karena belokan itu cukup fantastis. Namun tentu kita harus mengutamakan keselamatan. Jadi perubahan seksi itu merupakan satu opsi. Atau mungkin belokan itu tetap bisa dipertahankan tapi harus memindahkan sisi off-chamber.

 

Cal Crutchlow (Yamaha Tech 3)

Saya senang dengan tikungan cepat, jadi saya tak ingin turn (ke-11) dirubah. Tapi kita lihat banyak pembalap yang jatuh dalam tiga tahun belakangan ini. Jika saya bisa, saya akan mengubahnya tapi bukan berarti belokan itu baik atau buruk, hanya saja jumlah yang kecelakaan lumayan banyak. Mungkin bisa dicoba dengan belokan dengan style berbeda. Tapi saya bukan perancang trek.

 

Marc Márquez (Honda Repsol)

Belokan itu (ke-11) menyenangkan. Masalahnya, terlalu banyak tikungan ke kiri sebelum memasukinya. Belokan itu berkarakter cepat dengan 50 persen geberan. Jadi, kondisi trek itu membuat pembalap mudah selip. Saya pernah jatuh di situ saat pada kelas Moto2. Belokannya cukup berbahaya tapi punya keuntungan bisa mempercepat laju jika mampu melewatinya dengan sempurna.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini