Share

Usain Bolt Anggap Badan Anti Doping Mencederai Olahraga

Reza Jailani, Jurnalis · Rabu 23 Juli 2014 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 23 43 1016806 c5J8YRAxfu.jpg Usain Bolt (Foto: Ist)
A A A

NEW YORK – Bintang dunia atletik, Usain Bolt mencibir United State Anti-Doping Agency (USADA) setelah menjatuhkan hukuman ringan kepada sprinter Amerika, Tyson Gay yang kedapatan memakai zat terlarang di dalam dunia olahraga.

Pada Mei 2014, USADA menjatuhkan hukuman larangan satu tahun beraktivitas di dunia Atletik kepada Tyson. Sebenarnya sejak tahun lalu Tyson diketahui menggunakan doping berjenis anabolic steroid pada U.S Championship, Juni 2013. Namun, baru Mei kemarin sanksi secara resmi dijatuhkan kepadanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dengan demikian musim panas ini, mantan juara dunia 100m dan 200m  sudah dapat melanjutkan kembali kariernya. Menyikapi hal tersebut, Bolt menyebut apa yang dilakukan oleh USADA sudah mencederai hakikat olahraga.

“Saya tidak begitu senang dengan situasi dan bagaimana kasus ini berakhir. Saya rasa untuk seseorang seperti Asafa Powell yang mendapatkan larangan bermain 18 bulan, lalu Tyson Gay yang hanya mendapatkan larangan selama 1 tahun,” ucap Bolt, kepada Reuters, Rabu (23/7/2014).

“Saya rasa mereka telah mengirimkan pesan buruk kepada dunia olahraga. Kesannya akan seperti ini, ‘Oke jika Anda dapat bekerja sama dengan kami, maka kami akan mengurangi hukuman Anda’,” tegasnya.

Pemegang rekor 100m dan 200m dunia ini juga mengkritisi badan Anti Dopin Dunia (WADA) yang telah menyetujui hukuman ringan USADA kepada Tyson.

“Ini bukanlah cara yang tepat karena mereka telah mengatakan kepada yang lain sebuah jalan keluar. Ini adalah sebuah cara yang menghancurkan sistem. Jadi saya rasa seharusnya WADA dan IAAF tidak menerima keputusan ini,” ucap peraih enam medali emas Olimpiade ini.

Tyson sendiri telah kembali berlaga pada 3 Juli lalu di kejuaraan Lausanne Diamond League dalam kategori 100m bersama Yohan Blake.

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini