Share

2016, Azerbaijan Gelar Seri Formula 1

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 26 Juli 2014 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 26 37 1018448 nXbCZAZWB1.jpg Azerbaijan Gelar F1 Tahaun 2016 (Foto:Ist)
A A A

BAKU – Azerbaijan mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah salah satu seri Formula 1 (F1). Negara yang terletak di perbatasan Benua Asia dengan Eropa tersebut akan menggelar balapan pada tahun 2016 mendatang.

 

Negara berpenduduk sembilan juta jiwa itu telah menunjukan keinginan mereka untuk mengelar balapanjet darat sejak awal tahun ini. Namun, negosiasi dengan perwakilan petinggi F1, baru dimulai sekarang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Azerbaijan nantinya akan menggelar seri Grand Prix Eropa. Balapan akan dilangsungkan di jalan raya ibukota negara tersebut, Baku.

 

Desain sirkuit digarap oleh Hermann Tilke dan sampai saat ini belum selesai. Akan tetapi, garis start/finish serta pit rencananya akan dibuat di sekitar Azadiq Square. Hal tersebut mendapatkan antusias yang cukup baik dari Menteri Olahraga Azerbaijan, Azad Rahimov.

 

“Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa kami (Azerbaijan) telah menandatangani kontrak guna membawa balapan Formula One ke Baku, pada tahun 2016. Lokasi kami di persimpangan Eropa Timur dan Asia Barat merupakan wilayah baru untuk balap F1,” Kata Rahimov seperti dilansir Crashnet, pada Sabtu (26/7/2014).

 

“Azerbaijan merupakan sebuah negara Eropa modern yang telah membangun reputasi sebagai pusat keunggulan olahraga. Kesepakatan untuk membawa balapan F1 ke Baku adalah bagian yang sangat signifikan dalam kesuksesan kami untuk menarik event-event olahraga terbesar dunia ke negara kami,” sambungnya.

 

Terdaftarnya Azerbaijan ke Kalender F1, juga mendaptkan sambutan yang baik dari Presiden FOM (Formula One Management), Bernie Ecclestone.

 

“Kami sangat senang dengan kabar bahwa Baku telah bergabung dengan keluarga Formula 1,” ungkap Ecclestone.

 

“Ini akan menjadi balapan jalan raya yang akan melewati bagian yang menarik dan indah dari kota Baku. Event ini akan memenuhi kriteria Formula 1,” sambungnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini