Share

Sumsel Siap jadi Host Utama Asian Games 2019

Meli Puspita Efendi, Jurnalis · Jum'at 01 Agustus 2014 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 01 43 1019283 jOKLVnwUgM.jpg Gubernur Sumsel, Alex Noerdin (Foto: SINDO)
A A A

PALEMBANG - Sukses menjadi penyelenggara Sea Games 2011 bersama DKI Jakarta, Sumatera Selatan (Sumsel) menyatakan diri siap menjadi host atau tuan rumah perhelatan akbar, Asian Games XVIII yang dijadwalkan berlangsung pada 2019.

 

Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin yang juga hadir di Kuwait, saat berbicara dengan Presiden Olympic Council Of Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al-Fahad Sabah. Alex Noerdin menyampaikan kesiapan menjadi tuan rumah dengan pertimbangan memiliki fasilitas venues pertandingan standar internasional seperti stadion renang serta stadion atletik dan venues lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

“OCA pada pertemuan di Kuwait belum menentukan antara Sumatera Selatan dan DKI Jakarta yang terbanyak menyelenggarakan pertandingan cabang olahraga termasuk sebagai tempat pembukaan dan penutupan. Namun OCA sudah memberi gambaran daerah mana yang layak menjadi tuan rumah utama adalah yang memiliki venues terlengkap dan berpengalaman sebagai penyelenggara pesta olahraga multi even,” kata Alex Noerdin.

 

Kepastian siapa tuan rumah utama pesta olahraga negara-negara Asia tersebut baru akan terjawab pada September 2014 saat kongres OCA yang dilaksanakan bersamaan dengan Asian Games XVII di Incheon, Korea Selatan.

 

Menurut Alex Noerdin, Sumatera Selatan telah berpengalaman melaksanakan pertandingan olahraga internasional multi cabang olahraga. Hal tersebut menjadi modal penting dan pertimbangan bagi OCA dalam menentukan tuan rumah utama Asian Games.

 

“Kita pernah melaksanakan Sea Games XXVI pada 2011 kemudian melaksanakan Islamic Solidarity Games atau ISG III pada 2013 yang diikuti peserta lebih dari 30 negara dan pada November 2014 kita akan melaksanakan Asean University Games,” katanya.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini