Share

"MotoGP Tak Mengenal Psywar"

Reza Jailani, Jurnalis · Jum'at 29 Agustus 2014 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 29 38 1031363 w6UJio2DWd.jpg Valentino Rossi (Foto: Reuters)
A A A

SILVERSTONE – Saat seorang pembalap mendominasi jalannya kejuaraan, apakah para pesaingnya akan memainkan sisi psikologis sang rider untuk mematahkan deretan hasil positif? Menurut tujuh kali juara dunia MotoGP, Valentino Rossi hal itu tidak berpengaruh. Menurut Vale, inti dari balapan adalah motor memiliki yang cepat.

Seperti diketahui saat berlaga di Brno, Rep. Ceska dua pekan lalu Rossi bersama Dani Pedrosa, dan Jorge Lorenzo berhasil menghentikan dominasi Marc Marquez yang gagah di 10 seri terakhir. Apalagi saat itu Rossi puas memenangkan duel dengan Marquez dan sempat terlihat memanasi juara bertahan MotoGP itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bagaimanapun juga, Rossi tak percaya bahwa memberikan tekanan secara mental akan mempengaruhi performa rider di atas lintasan. “Sejujurnya, saya selalu berpikir hal itu tidak benar. Di masa lalu, saat saya memenangi banyak race, mereka berkata bahwa saya memiliki sisi psikologis yang dominan atau sesuatu yang dapat mempengaruhi rider lainnya,” ujar Vale, kepada Crash, Jumat (29/8/2014).

“Tapi bagi saya, seperti di sepakbola, khususnya di motorsport saat Michael Schumacher menang, hal terpenting adalah Anda yang tercepat di atas lintasan. Jika Anda yang tercepat, maka otomatis mental Anda menjadi kuat. Tetapi jika tidak memiliki kecepatan, maka Anda tidak berarti apa-apa,” tambahnya.

Kini Vale tengah mempersiapkan diri untuk melanjutkan perjalan MotoGP 2014. Akhir pekan nanti MotoGP akan memasuki seri ke-12 yang akan berlangsung di atas sirkuit Silverstone, Inggris. Musim lalu Vale finis di belakang Lorenzo, Marquez, dan Pedrosa.

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini