Share

Dari Penggunaan Track Sweeper Sampai Larangan Radio

Randy Wirayudha, Jurnalis · Kamis 18 September 2014 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 37 1041189 mjaVWe0HSX.jpg Marina Bay Street Circuit (Foto: Edgar Su/REUTERS)
A A A

MARINA BAY – Seri balap Formula1 ke-14 di GP Singapura akhir pekan ini akan digelar dengan beberapa perubahan. FIA selaku otoritas F1, tak hanya mengubah aturan komunikasi radio, tapi juga soal non-teknis di trek jalanan Marina Bay.

 

Sebagai dampak resurface atau pelapisan kembali aspal trek Marina Bay, FIA mengonfirmasi akan menurunkan Track Jet Sweeper jelang balapan, untuk mengembalikan grip aspal seperti sedia kala, terutama di fast lane dan jalur pit lane.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Selain itu, FIA juga mengarahkan panitia lokal GP Singapura, untuk menyesuaikan lagi dinding pembatas sebelah kanan run-off area di belokan ketujuh, guna menciptakan sirkulasi lalu lintas searah di belakang dinding sirkuit.

 

Tidak hanya itu, di seri Marina Bay kali ini dipastikan FIA akan terdapat dua zona DRS (Drag Reduction System). Zona yang pertama terletak 230 meter sebelum belokan kelima dan titik aktivasi pertamanya 50 meter sebelum tiba di belokan yang sama.

 

Sementara zona DRS kedua terdapat pada 80 meter sebelum belokan ke-22 dan titik aktivasinya bisa dilakukan setelah melewati puncak belokan ke-23.

 

Nah, soal regulasi komunikasi pesan-pesan tersembunyi di radio yang sebenarnya seolah seperti larangan, tentu menimbulkan polemik di antara sejumlah pilot jet darat F1. Salah satu yang ikut angkat bicara adalah driver Mercedes, Lewis Hamilton.

 

Soal larangan komunikasi radio ini, Hamilton teringat, tak hanya pada beberapa musim belakangan di mana tak ada komunikasi radio atau seperti saat meniti karier di gelanggang go-kart. Namun sisi positif yang bisa diambil Hamilton, takkan ada tim lain yang bisa tahu detail apapun tentang kecepatannya.

 

Lewis Hamilton (Foto: Reuters)

 

“Semoga aturan (radio) ini bermanfaat. Saya ingat ketika kami masih di mobil karting. Hal yang keren dari kompetisi itu adalah, Anda takkan punya data apapun. Jadi, tak ada yang bisa melihat di sektor mana saja saya tampil cepat,” ujar Hamilton kepada Sky Sports, Kamis (18/9/2014).

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini