Share

Sambutan Hangat untuk Saudara dari Utara

Randy Wirayudha, Jurnalis · Kamis 18 September 2014 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 43 1041184 zTiqOX8d58.jpg Kontingen Korut tiba dengan pengamanan ketat (Foto: Reuters)
A A A

INCHEON – Kamis (18/9/2014) pagi waktu setempat, kontingen yang paling ditunggu publik Korea Selatan, tiba di kampung atlet Incheon, jelang malam pembukaan Asian Games XVII, besok, Jumat (19/9/2014). Adalah kontingen Korea Utara yang mendapat sambutan hangat dari perwakilan Korsel.

 Sebanyak 273 anggota delegasi di mana 150 di antaranya atlet yang akan turun di 14 cabang, datang dengan diiringi perhatian khusus, baik dari warga di sekitar kampung atlet maupun sejumlah media Korsel.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 Meski ketua kontingen, Kim Byong-Sik sempat bersedia ketika dimintai foto, namun Kim enggan banyak komentar,: “Saya tak bisa mengatakan apapun sebelum pertandingan dimulai. Kami sudah menyiapkan diri dengan baik untuk kompetisi ini,” ujar Kim singkat, seperti dikutip situs Incheon2014.kr.

 Walau kedatangan kontingen Korut juga ditemani beberapa kontingen negara lain seperti China, Yaman, Bangladesh, Thailand dan Singapura, namun seperti larangan sebelumnya, kontingen Korut datang tidak bersama bendera kebangsaannya.

 Bendera Korut hanya diperbolehkan berkibar saat di upacara pembukaan. Siapapun yang melanggar maka akan ditangkap oleh anggota keamanan nasional anti-komunis Korsel.

 Terlepas dari situasi politik dua negara bersaudara ini, perwakilan Korsel menyambut dengan tangan terbuka kedatangan saudara mereka dari Utara. Kendati begitu, Chief of Mission Korsel, Park Soon-ho tak membuka kemungkinan soal kesempatan pertemuan dengan perwakilan Korut.

 “Semoga tim Korut merasa bahagia di sini, apalagi kompetisi (Asian Games) kali ini mengambil tempat di negara saudara mereka. Saya juga berharap mereka mendapakan hasil yang bagus,” timpal Park.

 “Segala hal yang berkaitan dengan persoalan olahraga (dengan Korut), akan berjalan sebagaimana mestinya. Tapi saya tak berencana untuk bertemu perwakilan mereka, walau saya bersedia jika ada kesempatan tanpa ada perkembangan lanjutan,” tuntasnya.

(FAP)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini