Share

FIA Revisi Pembatasan Komunikasi Radio Formula 1

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 19 September 2014 18:39 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 19 37 1041686 lP3FVDcI93.jpg Para Pembalap Formula 1 Kala Berlaga di GP Italia (Foto: Reuters)
A A A

SINGAPURA – Otoritas tertinggi ajang Formula 1, FIA, merevisi aturan soal pembatasan komunikasi balapan lewat radio. Pembatasan tersebut baru akan diberlakukan sepenuhnya pada musim balap 2015.

 

CEO F1, Bernie Ecclestone, orang yang mencetuskan ide pembatasan komunikasi antara pembalap dengan tim yang berada di pit stop. Terwujud dalam 50 butir pedoman, FIA memberikan panduan mengenai pesan-pesan yang boleh disampaikan kepada para pembalap yang tengah beradu cepat di lintasan balap.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Ecclestone mengungkapkan alasan utama pembatasan komunikasi itu. Selain untuk menghindari team order, pria berusia 82 tahun itu juga beranggapan bahwa pada driver 'jet darat' tidak perlu mendapatkan bantuan dari ruang kontrol saat menjalani race.

 

Pada awalnya, peraturan itu akan diberlakukan saat Grand Prix (GP) Singapura berlangsung akhir pekan ini. Akan tetapi, FIA menunda beberapa poin untuk diterapkan pada musim balap tahun depan.

 

"Pesan mengenai performa seorang driver tidak diizinkan. Namun, larangan mengenai performa mobil akan ditunda hingga tahun 2015 guna memberi tim waktu lebih untuk mempersiapkan diri," kata pernyataan juru bicara FIA seperti dilansir oleh Reuters, Jumat (19/9/2014).

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini