Share

Halo Jakarta, Tuan Rumah Asian Games 2018

Fajar Anugrah, Jurnalis · Jum'at 19 September 2014 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 19 43 1041654 Cy128b9eBX.jpg Pembukaan Asian Games 2014 di Incheon. (Foto: Reuters/Tim Wimborne)
A A A

INCHEON - Jakarta akhirnya resmi menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Komite Olimpiade Asia melalui Dewan Eksekutifnya memutuskan kalau Jakarta akan menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Asia itu, menyingkirkan kandidat lainnya, Hanoi (Vietnam).

"Hari ini (Jumat) sudah diputuskan kalau Asian Games 2018 akan dilangsungkan di Jakarta," jelas Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah, Presiden Komite Olimpiade Asia seperti mengutip dari Channel News Asia, Jumat (19/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Keputusan tersebut diambil sebelum pembukaan Asian Games ke-17 yang berlangsung di Incheon, Korea Selatan (19 September-4 Oktober). Ditunjuknya Jakarta, selain karena diajukan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI), juga karena mundurnya Vietnam dari persaingan menjadi tuan rumah. Vietnam merasa kalau mereka tidak sanggup menyediakan dana sebegitu besar untuk membangun infrastruktur tambahan, promosi dan operasional.

"Dibutuhkan sedikitnya 150 juta dolar AS (Rp1,79 triliun) untuk membangun stadion dan perkampungan atlet, kami tidak sanggup," jelas salah satu pejabat olahraga Vietnam. Namun nilai uang yang akan dikeluarkan untuk persiapan dan penyelenggaraan Asian Games diperkirakan lebih dari 150 juta dolar AS. Untuk membangun infrastruktur wajib dan pelengkap berstandar internasional bisa membutuhkan minimal Rp2 triliun. Belum termasuk operasional dan akomodasi.

Asian Games ke-18 tadinya akan digelar pada 2019, sekaligus sebagai sarana persiapan bangsa Asia menghadapi Olimpiade Tokyo 2020. Namun pihak Indonesia menolak penyelenggaraan di 2019 karena bersamaan dengan Pemilu Legislatif dan Presiden yang sangat berisiko dari faktor keamanan.

Sebelum Jakarta, Indonesia sempat mengajukan Surabaya sebagai tuan rumah Asian Games 2018, bersaing dengan Hanoi (Vietnam). Tapi karena berbagai alasan, Jakarta dianggap lebih layak sebagai tuan rumah pesta olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade itu.

Di Asian Games 2014 ini saja diikuti oleh 13 ribu atlet, pelatih dan staf dari 45 negara yang akan bertanding di 36 cabang olahraga.

(FAP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini